8 Manfaat Kolagen untuk Kecantikan & Kesehatan Kulit

Manfaat Kolagen untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Kolagen adalah protein alami dalam tubuh manusia yang terbuat dari asam amino. Manfaat kolagen yaitu membangun jaringan gigi, sendi, otot, tulang, hingga kulit. Adanya kolagen berperan sebagai perekat jaringan yang mampu menghubungkan struktur dan kesehatan kulit agar tetap terjaga.

Secara alami tubuh manusia dapat memproduksi kolagen agar kebutuhan dapat terpenuhi. Namun, produksi bisa mengalami penurunan ketika bertambahnya usia. Protein alami satu ini memiliki peranan besar untuk merawat kesehatan wajah, rambut, sampai kuku.

Apabila produksi kolagen pada tubuh sudah mengalami penurunan, harus didukung dengan perawatan khusus. Dengan begitu, tubuh dapat menghasilkan kolagen yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Beberapa Manfaat Kolagen untuk Kulit Wajah

Kebanyakan orang mungkin memahami bahwa kolagen merupakan kandungan yang dibutuhkan untuk kulit sebagai anti penuaan. Namun, sebagian besar belum memahami apa manfaat kolagen untuk wajah yang lainnya.

Produksi kolagen di tubuh harus terus dijaga untuk menjaga kualitas kulit sehingga terlihat fresh dan sehat. Seperti apa manfaatkan kolagen untuk kesehatan kulit? Berikut informasinya.

1. Mengencangkan Kulit

Umumnya penuaan dini ditandai dengan munculnya kerutan dan garis halus pada wajah. Kondisi ini membuat kulit menjadi kendur. Hal tersebut secara signifikan dapat mempengaruhi penampilan.

Untuk dapat mengatasi masalah kulit menjadi kendur, tubuh membutuhkan kandungan kolagen yang cukup. Kolagen dapat bermanfaat mencegah penuaan dini dan bisa membuat kulit terlihat lebih kenyal serta awet muda.

2. Melembabkan Kulit

Kolagen merupakan unsur yang memiliki peranan penting dalam menghidrasi kulit. Apabila asupan kolagen dalam tubuh tercukupi, maka kulit akan terasa lebih elastis dan lembab.

Produksi kolagen dapat ditingkatkan secara alami dengan mengkonsumsi berbagai makanan dan juga buah. Diantaranya seperti konsumsi daging ayam, sayuran hijau, jeruk, alpukat, ikan, dan jambu biji.

Apabila ingin mendapatkan manfaat kolagen secara optimal, Anda bisa mengkonsumsi suplemen tambahan atau melakukan treatment khusus. Namun, tentu harus dilakukan sesuai dengan anjuran dokter.

3. Mengurangi Garis Halus Wajah

Ada banyak sekali manfaat dari kolagen untuk kesehatan kulit wajah, diantaranya adalah memudarkan garis halus atau kerutan. Agar mengoptimalkan metode perawatan wajah yang dilakukan, Anda disarankan untuk menggunakan produk skincare yang memiliki kolagen tinggi.

Treatment yang membantu menghasilkan kolagen juga bisa dilakukan agar kandungannya dapat memenuhi kebutuhan tubuh sehingga mampu menjaga kondisi kulit lebih terlihat fresh.

4. Meratakan Warna Kulit

Masalah kulit kusam dan hiperpigmentasi mengakibatkan warna kulit terlihat tidak merata. Kepercayaan diri akan berkurang apabila kulit wajah tidak terlihat baik karena secara tidak langsung dapat mempengaruhi penampilan.

Saat mengalami hiperpigmentasi, produksi melanin pada kulit akan lebih banyak. Paparan sinar UV berlebihan dapat menyebabkan gangguan tersebut. Untuk menjaga kesehatan kulit, kadar kolagen dalam tubuh harus terpenuhi.

Kolagen akan membuat warna kulit menjadi lebih rata dan lembab. Kandungan kolagen yang memiliki banyak manfaat membuat banyak produk skincare memanfaatkannya sebagai bahan utama penyusun formula.

5. Mencerahkan Kulit

Manfaat kolagen bagi wajah sangatlah beragam, diantaranya adalah mampu mencerahkannya. Kandung protein tinggi yang terdapat pada kolagen mampu bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

Proses metabolisme tubuh yang bagus akan menghasilkan sel kulit baru yang sehat secara berkala sehingga penampilan wajah yang cerah dan bersinar dapat terus dipertahankan.

6. Menghilangkan Bekas Jerawat

Kolagen juga dapat bermanfaat membentuk jaringan kulit sehat sehingga mampu membantu dalam proses penyembuhan luka akibat jerawat. Proses penyembuhan luka dapat berjalan secara lebih cepat apabila kulit memiliki kandungan kolagen yang cukup.

Dengan begitu, jerawat tidak akan menjadi masalah lagi. Perawatan yang tepat dan menjaga pola hidup sehat bisa jadi cara efektif untuk meningkatkan kadar kolagen pada tubuh sehingga perlu dilakukan untuk memelihara kesehatan kulit wajah.

7. Mencegah Keriput

Manfaat kolagen adalah merawat kulit agar tetap terlihat segar dan lebih elastis. Jika tubuh kekurangan kolagen, maka kulit jadi mudah mengalami keriput.

Apalagi jika sering terkena paparan sinar matahari dan polusi secara langsung, maka dapat memperburuk kondisi kesehatan kulit.

Selain itu, kolagen juga dapat mengencangkan kulit secara optimal sehingga mampu mencegah penuaan dini secara maksimal. Untuk menambah kadar kolagen, Anda bisa melakukan perawatan kecantikan.

8. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat lain yang dimiliki kolagen adalah mampu memperkuat struktur bagian pembuluh darah serta meningkatkan elastisitasnya. Struktur pembuluh darah yang bagus bisa memperlancar aliran darah dari bagian jantung ke seluruh tubuh, termasuk diantaranya kulit.

Ketika sirkulasi peredaran darah lancar, maka oksigen serta zat gizi yang mampu dikirimkan ke sel-sel kulit juga akan semakin lancar sehingga mampu memberikan hasil kulit yang lebih sehat dan cerah.

Manfaat Facial Eterni Gold

Manfaat dari kolagen bisa didapatkan dari treatment Facial Eterni Gold. Eterniskin dapat jadi pilihan klinik kecantikan terbaik untuk mendapatkan perawatan wajah yang tepat. Perawatan Facial Eterni Gold mampu menstimulasi pertumbuhan kolagen dengan optimal sehingga dapat mencerahkan kulit.

Treatment ini akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan halus sehingga cocok sekali untuk Anda yang mengalami masalah kulit kusam atau tampak gelap. Secara bertahap hasil perawatan akan terlihat dan kulit wajah akan menjadi lebih cerah dan glowing.

Tunggu apa lagi? Langsung saja kunjungi klinik kecantikan kami untuk mendapatkan treatment terbaik yang bisa membuat kulit menjadi lebih sehat dengan stimulasi kolagen. Pastinya kulit sehat dan lembab bisa didapatkan dengan manfaat kolagen.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait