Wah, Ini Cara Efektif Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam!

wah-ini-cara-efektif-menghilangkan-bekas-jerawat-hitam

Bekas jerawat hitam adalah kondisi di mana jerawat yang telah sembuh meninggalkan noda berwarna cokelat atau hitam pada kulit. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam ini terkadang jauh lebih menyebalkan daripada jerawat itu sendiri, karena butuh proses yang cukup lama untuk sembuh.

Hal ini disebabkan oleh melanin yang berlebihan pada area bekas jerawat, yang membuat warnanya menjadi lebih gelap. Bekas jerawat hitam juga dapat terjadi akibat peradangan yang serius saat jerawat muncul, yang mengakibatkan kerusakan struktur jaringan kulit. 

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, jadi cara mengatasinya juga akan berbeda pula. Jika bekas jerawat hitam tidak kunjung membaik atau sangat mengganggu, konsultasi dengan dokter spesialis kulit mungkin bisa membantu Anda dapatkan penanganan secara lebih tepat.

BACA JUGA: KENAPA KULIT KUSAM DAN BERJERAWAT? INI CARA MENGATASINYA

Ciri-ciri Jerawat Hitam Pada Kulit

Mengetahui ciri-ciri jerawat hitam pada kulit ini dapat membantu mengidentifikasi jerawat hitam dan memahami kondisinya. Berikut penjelasannya:

  • Jerawat hitam ditandai dengan adanya bintik hitam pada kulit, yang disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati, produksi minyak berlebih, dan bakteri yang menyumbat pori-pori.
  • Jerawat hitam umumnya tidak berisi nanah di puncaknya, berbeda dengan jerawat jenis lainnya.
  • Jerawat hitam biasanya muncul karena tersumbatnya pori-pori oleh minyak berlebih.
  • Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat hitam yang dapat meninggalkan bekas berupa bopeng yang terlihat bolong di kulit setelah peradangannya sembuh.
  • Setelah kulit bersih, jerawat hitam juga dapat menyebabkan perubahan pigmen (terang atau gelap) di area jerawat kistik (jerawat batu).

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam

Menghilangkan bekas jerawat hitam memerlukan pendekatan yang tepat dan konsisten. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam:

1. Menggunakan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menyembuhkan bekas jerawat hitam, yaitu:

  • Kunyit: memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu memudarkan bekas jerawat. Cara penggunaannya adalah dengan membuat pasta dari bubuk kunyit dan air, kemudian diaplikasikan sebagai masker wajah selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
  • Lemon: sangat kaya akan vitamin C, dapat mencerahkan kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Perasan lemon bisa dioleskan langsung pada bekas jerawat menggunakan kapas, biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Namun, hindari paparan sinar matahari langsung setelahnya.
  • Lidah Buaya: memiliki sifat penyembuhan yang membantu regenerasi sel kulit. Gel lidah buaya segar dapat diaplikasikan langsung pada bekas jerawat setiap hari untuk membantu memudarkan noda hitam.

2. Perawatan Medis

Perawat medis adalah rangkaian tindakan yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit untuk tujuan menghilangkan penyebab keluhan pasien. Beberapa jenis tindakan yang umum dilakukan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam adalah sebagai berikut:

  • Laser fractional atau laser CO2, yaitu merangsang produksi kolagen dan memecah jaringan parut. Prosedur ini harus dilakukan oleh profesional medis dan mungkin memerlukan beberapa sesi untuk hasil yang optimal.
  • Mikrodermabrasi dan Dermabrasi, membantu mengelupas lapisan atas kulit, yang dapat mengurangi tampilan bekas jerawat. Mikrodermabrasi adalah prosedur non-invasif yang lebih lembut dibandingkan dermabrasi, yang lebih mendalam dan efektif untuk bekas yang lebih parah.
  • Peeling Kimia, yaitu menggunakan asam seperti AHA atau BHA, peeling kimia dapat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Prosedur ini juga harus dilakukan oleh dokter kulit atau ahli kecantikan terlatih.

3. Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Bagi sebagian besar orang, menggunakan skincare dianggap jauh lebih mudah dan murah. Apalagi informasi mengenai bahan skincare sudah dapat dipelajari secara mandiri. Beberapa produk perawatan kulit yang dimaksud antara lain:

Dapatkan Promo Perawatan Ekslusif di Klink Kecantikan Eterniskin!

  • Produk yang mengandung ekstrak pepaya, lemon, tomat, yogurt, atau kentang dapat membantu mencerahkan bekas jerawat secara alami. Misalnya, masker wajah dari yogurt dan jus lemon dapat diaplikasikan selama 15-20 menit sebelum dibilas.
  • Produk yang mengandung AHA seperti glycolic acid dapat membantu proses eksfoliasi alami kulit, meningkatkan pergantian sel, dan memudarkan bekas jerawat.
  • Retinoid topikal, seperti tretinoin, dapat merangsang pergantian sel dan produksi kolagen, sehingga mengurangi bekas jerawat.

4. Penggunaan Sunscreen 

Menggunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 setiap hari sangat penting. Sinar UV dapat memperburuk hiperpigmentasi dan membuat bekas jerawat lebih gelap. Oleh karena itu, pilih sunscreen yang non-komedogenik untuk menghindari penyumbatan pori-pori.

BACA JUGA: 8 CARA MUDAH MEMPERKECIL PORI-PORI WAJAH SECARA ALAMI

Sunscreen jenis ini umumnya berbentuk gel, teksturnya ringan, mudah terserap, dan tidak meninggalkan white cast. Anda bisa membeli sunscreen tersebut di toko kosmetik atau skincare secara langsung maupun online melalui marketplace.

5. Lakukan Secara Konsisten

Menghilangkan bekas jerawat membutuhkan waktu dan konsistensi. Teruslah menggunakan perawatan alami atau medis yang dipilih secara rutin. Kesabaran sangat penting karena hasil mungkin tidak segera terlihat, tetapi dengan perawatan yang konsisten, perubahan positif pasti akan terjadi.

Cobalah konsultasikan cara menghilangkan bekas jerawat hitam secara online dengan dokter Eterniskin. Untuk mendapatkan solusi yang efektif dan aman, Anda bisa segera menghubungi kontak Eterniskin agar memperoleh penanganan secara lebih tepat! Segera terhubung dengan layanan terpadu kami!

Dapatkan Promo Perawatan Ekslusif di Klink Kecantikan Eterniskin!

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/7-cara-menghilangkan-bekas-jerawat-hitam-secara-alami

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/cara-menghilangkan-bekas-jerawat-hitam-di-pipi

https://www.alodokter.com/11-cara-menghilangkan-bekas-jerawat-hitam-di-pipi

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait