Selain Mengobati Jerawat, Ini 8 Fungsi Mikrodermabrasi

mikrodermabrasi-eterniskin

Merawat kulit sudah menjadi bagian penting oleh sebagian orang, apalagi sudah semakin banyak jenis perawatan dapat dicoba, seperti Mikrodermabrasi. Mikrodermabrasi memiliki berbagai fungsi yang bisa direalisasikan pada wajah secara maksimal.

Treatment yang satu ini pelaksanaannya adalah dengan melakukan pengangkatan lapisan paling atas pada kulit dengan menggunakan alat tertentu yang sudah dilapisi bahan berlian. 

Dengan diambilnya lapisan tersebut, akan membantu merangsang munculnya sel kulit terbaru dengan kualitas lebih baik. Terdengar menarik, bukan?

Fungsi Mikrodermabrasi

Dari banyaknya fungsi dari prosedur mikrodermabrasi, delapan diantaranya merupakan yang terbaik dan paling diinginkan. Apalagi ketika usia sudah tidak muda lagi, namun menginginkan kulit tidak kalah dengan anak muda.

1. Meminimalisir Kerutan dan Tanda Penuaan

Salah satu tanda kalau kulit sudah menua adalah munculnya kerutan di sejumlah area wajah. Biasanya sudah muncul di akhir usia 30-an, tergantung cara perawatan yang dilakukan.  Oleh karena itu, jika ingin tanda penuaan itu berkurang dilakukanlah mikrodermabrasi. Ketika lapisan kulit diangkat dengan metode perawatan ini, kemungkinan tumbuhnya sel baru yang muda lebih besar.

2. Membantu Memperkecil Ukuran Pori Pori

Pori-pori yang biasanya besar biasanya disebabkan jenis kulit yang berminyak dan proses perawatan wajah yang tidak maksimal. Ketika mikrodermabrasi dilakukan, pori-pori tersebut akan menjadi lebih kecil sehingga kemungkinan munculnya masalah jerawat bisa diminimalisir.

3. Mencegah Komedo Membandel

Komedo muncul ketika pori-pori terbuka dan kotoran masuk ke dalamnya, ditambah pula proses pembersihan wajah yang kurang tepat. Dengan teknik mikrodermabrasi ini, ketika pori-pori menjadi lebih kecil otomatis kemungkinan komedo muncul juga lebih kecil.

4. Meminimalisir Kulit Kusam

Saat bagian teratas dari kulit diangkat, maka sel baru yang bermunculan akan membentuk jaringan kulit yang lebih baik.

Begitulah proses dari mikrodermabrasi, ketika meminimalisir kulit kusam dimana selama proses terbangunnya jaringan baru akan terjadi upaya memaksimalkan kualitas kulit agar lebih cerah dan tidak kusam lagi.

5. Mengatasi Masalah Flek Hitam

Kalau fungsi Mikrodermabrasi yang satu ini akan sangat berpengaruh pada wajah yang sering terpapar sinar matahari langsung. Apalagi jika tidak menggunakan pelindung wajah atau sunscreen yang bagus, dimana flek hitam akan lebih mudah muncul.

6. Meratakan Tekstur Kulit

Kulit yang tidak rata teksturnya bisa jadi karena bekas jerawat batu sehingga menimbulkan rongga-rongga di area wajah. Ini juga dapat diminimalisir dengan melakukan metode perawatan mikrodermabrasi.

7. Membuat Kulit Lebih Kenyal

Kulit yang tumbuh setelah proses mikrodermabrasi akan memiliki kualitas lebih baik. Dengan perawatan maksimal, akan membuat teksturnya lebih muda dan kenyal. Jadi wajah terlihat jauh lebih kinclong dan awet.

8. Mengurangi Efek Bekas Luka

Ketika Anda mengalami stretch mark habis melahirkan atau bekas luka baru di area wajah, maka dengan teknik pergantian sel melalui mikrodermabrasi akan memaksimalkan ratanya warna kulit.

Terutama di area luka dan di sekitar luka tersebut, sehingga tidak akan menjadi bekas luka yang mengganggu penampilan.

Yang Perlu Diperhatikan sebelum Mikrodermabrasi

Jika ingin melakukan metode perawatan wajah dengan mikrodermabrasi supaya fungsi Mikrodermabrasi dapat dirasakan, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini. 

  • Apabila memiliki bekas luka yang menonjol atau disebut keloid di area wajah, sebaiknya jangan melakukan treatment ini.
  • Apakah Anda baru saja melakukan operasi di area wajah minimal 2 bulan yang lalu? Urungkan dulu niat mikrodermabrasi, kulit dan area bekas operasi tersebut masih dalam proses pemulihan
  • Kalau di area wajah terdapat infeksi atau luka yang belum sembuh dan butuh perawatan lebih lanjut, jangan lakukan perawatan mikrodermabrasi. Beberapa infeksi tersebut seperti kutil, herpes, hingga impetigo atau bercak merah melepuh dan sangat menular
  • Memiliki riwayat alergi terhadap zat-zat tertentu, yang kemungkinan terdapat di dalam alat dan obat ketika treatment pengangkatan jaringan kulit ini dilakukan, sebaiknya jangan memilih jenis treatment ini.
  • Jangan melakukan jenis perawatan ini kalau masih dalam proses pengobatan menggunakan jenis obat yang disebut isotretinoin yang berfungsi sebagai obat jerawat.

Selain memastikan Anda tidak dalam salah satu kondisi di atas, juga prosedur yang harus dijalani sebelum melakukan mikrodermabrasi tersebut juga perlu diperhatikan.

1. Konsultasi

Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, tentang kondisi kulit wajah Anda. Dengan begitu, bisa dipastikan aman untuk menjalani rangkaian perawatan ini.

Pastikan untuk memberikan informasi akurat tentang kondisi kulit wajah, termasuk alergi, agar dokter dapat memastikan apakah wajah Anda bisa diberi perawatan mikrodermabrasi atau tidak.

2. Hindari Cahaya Matahari

Jika sudah didiagnosis bisa melakukan treatment, maka biasanya pasien akan diminta untuk tidak terpapar langsung oleh sinar matahari minimal selama seminggu sebelum perawatan dilakukan.

Untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung, Anda bisa menggunakan masker, payung, topi, atau alat pelindung lainnya.

3. Hindari Melakukan Waxing

Jangan melakukan pencabutan rambut di area wajah, minimal seminggu sebelum dilakukan mikrodermabrasi. Untuk menjaga kondisi lapisan kulit dalam kondisi sehat, tidak luka, dan pori-pori tidak bermasalah.

4. Hindari Penggunaan Make Up

Anda akan dilarang menggunakan make up menjelang perawatan, ada yang seminggu bahkan lebih. Gunanya juga untuk memastikan bahwa kondisi wajah bebas dari kontaminasi zat kimia dari berbagai produk kosmetik

5. Hindari Penggunaan Sunscreen

Selain menghindari pakai make up, Anda juga tidak boleh menggunakan sunscreen minimal tiga hari sebelum perawatan. Begitu juga dengan berbagai jenis masker wajah, krim khusus pengelupasan kulit, dan sejenisnya.

Proses Perawatan Usai Treatment Mikrodermabrasi

Setelah menjalani treatment mikrodermabrasi, akan butuh proses pemulihan di area wajah dengan durasi sesuai kondisi kulit masing-masing pasien.Diantaranya adalah menggunakan produk sunscreen yang aman untuk kulit sensitif. 

Pasalnya, kulit wajah Anda sedang berproses untuk kembali pulih setelah pengangkatan lapisan kulit teratasnya. Jadi tidak bisa diberikan sembarangan produk tabir surya.

Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk tidak terkena sinar matahari secara langsung setelah prosedur perawatan ini. Ada yang menyarankan selama seminggu berada di dalam rumah saja atau menggunakan alat pelindung wajah.

Perawatan lainnya adalah memastikan untuk tidak menggunakan kosmetik minimal sampai satu hari setelah mikrodermabrasi dilakukan. Tujuannya supaya kondisi kulit tidak stres karena masih sangat sensitif. 

Jika dipaksa mendapatkan tambahan bahan kimia dari kosmetik, tentu akan membuat pemulihan terganggu. Untuk membersihkan wajah, dilakukan dengan sangat hati-hati menggunakan produk yang juga aman untuk kulit sensitif. Mintalah saran dokter tentang produk yang tepat untuk digunakan.

Bagi Anda yang memiliki kulit wajah yang bermasalah, memang bisa memilih treatment mikrodermabrasi asalkan sudah melalui diagnosis yang tepat dari ahli. Jangan lupa agar fungsi Mikrodermabrasi bisa terealisasi perhatikan hal penting sebelum pelaksanaan perawatan dan sesudahnya.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Artikel Terkait