Mirip, Ini Perbedaan Melasma, Flek Hitam, dan Melanoma

Mirip, Ini Perbedaan Melasma, Flek Hitam, dan Melanoma

Memang kelihatannya mirip, namun ternyata melasma dan melanoma berbeda dengan flek hitam. Ketiganya berbentuk bintik hitam, ukurannya kecil, namun menunjukkan indikasi berbeda.

Belum tahu perbedaan melasma dan flek hitam? Hingga saat ini masih banyak orang yang belum tahu bedanya.

Sebagai bagian terluar tubuh, wajar kalau kulit rentan mengalami berbagai masalah mulai dari muncul flek hitam, melasma, hingga melanoma.

Untuk mencegah dampak negatif yang tidak diinginkan, Anda perlu mengenali berbagai masalah kulit serta cara tepat untuk menanganinya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas perbedaan ketiganya. Yuk langsung saja kita bahas!

Baca Juga: Apa Itu Flek Hitam? Ini Penyebab dan Perawatannya

Pengertian Melasma, Melanoma, dan Flek Hitam

Sebelum mengetahui cara menghilangkan melasma noda dan flek hitam di wajah, Anda harus paham tentang pengertian melasma, melanoma serta flek hitam.

Dalam bidang kesehatan, melanoma dianggap sebagai masalah kulit serius yang harus ditangani oleh dokter berpengalaman.

Berikut adalah pengertiannya masing-masing:

1. Flek Hitam

Flek hitam adalah jenis masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintik hitam kecokelatan pada bagian wajah, leher, dada, punggung, dan bahu.

Penyebab utama flek hitam tidak lain karena paparan sinar UV atau matahari terik ketika seseorang berada di luar rumah.

Selain disebabkan oleh paparan sinar matahari, flek hitam juga terjadi karena kondisi lingkungan tempat tinggal, faktor genetik, konsumsi obat-obatan, dan hiperpigmentasi kulit.

Flek hitam bisa diatasi dengan mudah menggunakan perawatan medis atau masker dari bahan alami berkualitas.

2. Melasma

Melasma merupakan bercak berwarna kecokelatan yang muncul di kulit wajah dan sering dialami oleh wanita khususnya ibu hamil. Penyakit kulit rentan muncul pada bagian kulit tertentu seperti leher, lengan, dahi, pipi, dan dagu bahkan bisa merambah ke bagian lainnya.

Melasma biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, keturunan, hormon, stres, penyakit tiroid, dan penggunaan obat-obatan.

Gejala melasma tidak perlu dianggap serius karena tergolong penyakit kulit ringan dan mudah pudar dalam beberapa hari.

3. Melanoma

Dalam dunia kedokteran, melanoma biasa disebut dengan kanker kulit. Melanoma merupakan kanker kulit yang berkembang dari sel pigmen penghasil melanin.

Jika dibandingkan dengan masalah kulit lainnya, melanoma tergolong penyakit serius dan harus segera ditangani.

Sebelum tahu perbedaan melasma dan flek hitam, Anda harus tahu bahwa melanoma termasuk kanker ganas yang bisa menyebar ke hidung, mata, tenggorokan, paru-paru, dan otak. Gejalanya ditandai dengan munculnya tahi lalat kecil, kemudian perlahan akan membesar.

Kanker kulit melanoma terjadi akibat paparan sinar UV terlalu berlebihan dan kerusakan DNA sel kulit tidak terkendali.

Penyebab seseorang rentan mengalami kanker kulit adalah faktor genetik, sistem imun rendah, bintik cokelat, punya tahi lalat banyak, dan memiliki kulit putih.

Baca Juga: Ampuh! 4 Cara Menghilangkan Komedo & Dapat Dilakukan Sendiri

Perbedaan Melasma dan Flek Hitam serta Melanoma

Pada umumnya perbedaan melasma, melanoma, dan flek hitam bisa dilihat dari tiga hal diantaranya gejala awal, tingkat keparahan serta faktor risiko yang ditimbulkan.

Pahami tiga hal yang membedakan antara penyakit kulit tersebut untuk memudahkan penyembuhannya.

1. Gejala Awal

Gejala melasma bisa terjadi saat area kulit terlihat lebih gelap daripada kulit sekitarnya. Warna kulit cenderung cokelat tua, sehingga tampak gosong. Penyakit kulit yang sering terjadi area pipi, bibir atas, dan dahi kali ini tidak akan memicu rasa bengkak ataupun nyeri berlebihan.

Gejala flek hitam ditandai dengan munculnya bintik cokelat kehitaman pada kulit dan sering terjadi seiring bertambahnya usia. Flek hitam biasa ditemukan di bagian wajah, punggung, leher, dan dagu akibat sering terpapar sinar matahari terik di luar rumah.

Bagaimana dengan melanoma?

Berbeda dengan melasma dan flek hitam, melanoma tergolong kanker kulit yang bentuknya sama dengan tahi lalat. Melanoma bisa tumbuh besar dan menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya seperti paru-paru, kelenjar getah bening, pembuluh darah, dan organ hati.

2. Tingkat Keparahan Penyakit Kulit

Setelah memahami penyebab melasma di wajah, mungkin Anda masih bingung dengan tingkat keparahan ketiga penyakit kulit di atas.

Umumnya tidak semua penyakit kulit berdampak buruk dan berisiko serius seperti halnya flek hitam dan melasma. Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, flek hitam dan melasma hanya menimbulkan perubahan tampilan kulit.

Kedua penyakit tidak akan menimbulkan rasa sakit atau gatal, sehingga tidak akan membahayakan penderitanya. Bercak-bercak hitam itu perlahan akan memudar bahkan menghilang.

Sedangkan melanoma tergolong penyakit kulit serius dan butuh penanganan secepatnya. Sel kanker melanoma bisa berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lain, sehingga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan bahkan kematian bagi pasien.

3. Faktor Risiko

Perbedaan melasma dan flek hitam serta melanoma berikutnya berkaitan dengan risiko yang dimilikinya.

Sebenarnya ketiga penyakit bisa muncul akibat paparan sinar matahari berlebihan, terutama bagi Anda yang jarang menggunakan tabir surya atau sunscreen.

Flek hitam bisa disebabkan karena radiasi sinar ultraviolet (UV), sehingga mendorong melanosit menghasilkan banyak melanin. Sedangkan melasma bisa disebabkan karena terapi pergantian hormon (HRT) atau pil KB, maka dari itu rentan dialami oleh para wanita hamil.

Melanoma tergolong penyakit kulit yang diyakini berkaitan dengan faktor keturunan. Misalnya Anda memiliki anggota keluarga dengan riwayat melanoma, maka berisiko besar terkena melanoma.

Baca Juga: 10+ Cara Alami & Ampuh Menghilangkan Flek Hitam

Atasi Flek Hitam, Melasma, dan Melanoma dengan Cara yang Tepat

Sudah tahu kan perbedaan melasma dan flek hitam serta melanoma? Perbedaannya bisa dilihat dari gejala awal, tingkat keparahan penyakit serta faktor risiko.

Untuk bisa mendapatkan perawatan yang tepat dari ketiga penyakit tersebut, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kulit. Dengan demikian, Anda tidak akan salah diagnosis, dan penyakit kulit Anda bisa diatasi dengan mudah.

Segera hubungi Eterniskin jika Anda ingin berkonsultasi dengan dokter kulit profesional. Eterniskin menyediakan layanan konsultasi online yang memudahkan Anda untuk mendapatkan pengobatan.

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait