Perbedaan Hair Spa dan Creambath, serta Variant Hair Spa

perbedaan-hair-spa-dan-dreambath-eterniskin

Perawatan rambut sama pentingnya dengan perawatan wajah. Diantara jenis perawatan rambut ada hair spa dan creambath. Sekalipun masih sering dianggap sama, terdapat beberapa perbedaan hair spa dan creambath yang sebaiknya diketahui sebelum melakukan perawatan.

Tujuan hair spa dan creambath juga berbeda, jadi jangan sampai keliru ketika ingin melakukan perawatan rambut. Namun, baik hair spa ataupun creambath berfungsi untuk memelihara kesehatan rambut sebagai mahkota kita.

Ketidaktahuan tentang apa saja perbedaan hair spa dan creambath membuat orang jadi kebingungan ketika akan melakukan perawatan. Supaya tidak bingung, pahami apa bedanya hair spa dan creambath.

Apa Saja Perbedaan Hair Spa, Creambath dan Hair Mask?

Disamping hair spa dan creambath, ada satu lagi jenis perawatan rambut yaitu hair mask. Ketiga jenis perawatan rambut tersebut mempunyai perbedaan dalam prosedur, tujuan dan manfaatnya. Ketika datang ke salon ataupun klinik kecantikan, pastikan memilih jenis perawatan yang cocok.

Mungkin rambut Anda membutuhkan perawatan dengan hair spa, tapi karena tidak paham, justru yang dipilih creambath atau hair mask. Tentunya, nanti hasilnya bisa saja tidak seperti yang diharapkan. 

Oleh sebab itu, kenali dulu apa saja perbedaan hair spa, creambath dan hair mask berikut ini.

  • Hair Spa

Apa yang dimaksud dengan hair spa itu? Hair spa adalah treatment yang dilakukan untuk mengatasi masalah rambut yang kusam, rusak dan kasar. Hair spa sering dianggap sama dengan creambath karena juga menggunakan cream dalam prosedurnya.

Hanya saja, cream yang dipakai untuk hair spa telah mendapatkan tambahan nutrisi yang akan memaksimalkan hasilnya nanti. Mudahnya, hair spa ini dapat juga dikatakan sebagai creambath plus. Cream pada hair spa jenisnya serum, sehingga lebih mudah menyerap ke dalam rambut.

Serum pada cream hair spa akan menutrisi rambut lebih dalam, sehingga hasilnya menjadi optimal. Pada saat melakukan hair spa, setelah dipakaikan cream, rambut tidak perlu disteam. Hanya saja, rambut akan ditutup dengan handuk panas untuk mengoptimalkan penyerapan vitamin.

Terapis juga akan memberikan pijatan pada kelapa saat hair spa, tapi gerakannya lebih lembut dibandingkan creambath.

  • Creambath 

Perbedaan hair spa dan creambath bisa dilihat dari prosedur yang dilakukan. Sama-sama menggunakan cream yang dioleskan ke rambut, tapi hair spa tidak memerlukan steamer. Sebaliknya, orang yang creambath pasti akan disteamer rambutnya setelah dipakaikan cream.

Setelah rambut diolesi dengan cream, kemudian kepala dipijat untuk membantu proses penyerapan nutrisi rambut supaya masuk dengan sempurna ke pori-pori dan akar. Selain itu, manfaat pemijatan kepala saat creambath yaitu untuk melancarkan aliran darah dan menstimulasi pertumbuhan rambut.

Creambath adalah perawatan rambut dasar yang telah dikenal sejak lama. Creambath yang juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan pada lapisan luar rambut ini, sangat cocok untuk siapa saja yang belum pernah melakukan penataan rambut, misalnya hair coloring, curling dan lainnya.

Creambath biasanya lebih cocok diterapkan pada rambut yang tidak bermasalah, atau masalahnya tidak serius. Dengan kata lain, creambath adalah prosedur yang dilakukan untuk merawat kondisi rambut supaya tetap sehat.

  • Hair Mask

Selanjutnya ada hair mask yang secara umum memiliki manfaat untuk merawat rambut yang kering. Kondisi rambut yang kering dapat disebabkan oleh polusi maupun efek dari penataan rambut, contohnya pewarnaan atau hair coloring

Fungsi hair mask memang lebih menitikberatkan pada perawatan rambut yang rusak akibat faktor-faktor eksternal. Hair mask beda dengan creambath, karena hanya berfungsi untuk merawat bagian batang rambut saja.

Selain itu, perbedaan creambath dan hair mask juga terdapat pada prosedur yang dilakukan. Hair spa tidak membutuhkan steamer ataupun pemijatan seperti pada creambath. Penggunaan steamer dan dilakukannya pemijatan justru dapat menyebabkan rambut rontok.

Manfaat Hair Spa

Hair spa menjadi jenis perawatan rambut yang lebih sering dilakukan belakangan ini, karena manfaatnya yang cukup baik untuk mengembalikan kondisi mahkota kepala kita. Hair spa bermanfaat untuk mengurangi dampak paparan sinar matahari, efek polusi dan menguatkan rambut.

Hair spa juga memberikan efek relaksasi pada rambut, sehingga dapat membuatnya menjadi terlihat lebih berkilau dan lembut jika disentuh. Bagi yang kulit kepalanya cenderung berminyak, hair spa juga sangat cocok dilakukan.

Macam-Macam Hair Spa

Selain memahami apa saja perbedaan hair spa dan creambath, ketahui juga jenis-jenisnya. Kalau akan melakukan perawatan hair spa, silahkan memilih jenis cream yang ingin dipakai. Jenis-jenis cream hair spa diantaranya yaitu :

  • Jasmine atau melati untuk melembutkan rambut dan menjaga kelembapannya.
  • Strawberry untuk mengurangi kadar minyak yang berlebih.
  • Madu, berfungsi menstimulasi pertumbuhan rambut.
  • Kemiri, menghitamkan dan memperkuat akar rambut.
  • Mint, mencegah kebotakan
  • Ginseng, menjaga akar rambut dan kulit kepala tetap sehat.
  • Avocado, menjaga kelembaban batang rambut
  • Coklat, mengurangi kerontokan rambut dan mencegahnya bercabang
  • Aloe Vera atau lidah buaya, memberikan nutrisi pada akar rambut serta kulit kepala dan untuk memicu pertumbuhan rambut.

Mengetahui apa saja perbedaan hair spa dan creambath dapat membantu Anda memilih jenis perawatan rambut yang tepat. Selain hair spa dan creambath, perawatan rambut lainnya yang bagus untuk mengatasi rambut rusak akibat penataan adalah hair spa. 

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Artikel Terkait