Pelajari Manfaat, Jenis dan Proses Chemical Peeling Wajah

proses-chemical-peeling-wajah-eterniskin

Prosedur perawatan wajah makin banyak variasinya, salah satunya chemical peeling wajah. Apa itu chemical peeling? Yaitu tindakan dan prosedur perawatan kulit menggunakan cairan kimia yang memang khusus digunakan untuk kulit wajah.

Selanjutnya, cairan kimia yang dioleskan ke permukaan kulit tersebut akan membantu pengelupasan atau pengangkatan lapisan kulit yang terluar. Dampaknya, sel kulit yang baru akan tumbuh dan tentunya memiliki kondisi yang lebih sehat.

Agar hasilnya maksimal, proses perawatan dengan chemical peeling ini sebaiknya tidak hanya dilakukan sekali saja. Diperlukan treatment hingga beberapa kali agar prosesnya lebih sempurna dan kulit menjadi lebih sehat dari sebelumnya.

Sekilas Tentang Chemical Peeling Wajah

chemical peels wajah

Chemical peeling adalah jenis perawatan wajah yang sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat, kerutan, perubahan warna pada kulit ataupun flek-flek membandel yang ada di wajah. Intinya, prosedur ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit wajah yang sudah mati.

Selain digunakan pada kulit wajah, chemical peeling biasanya juga bisa dipakai untuk kulit tangan dan leher. Sesuai namanya, prosedur perawatan kulit ini menggunakan cairan kimiawi khusus yang berguna untuk mengangkat dan mengelupas lapisan kulit bagian luar.

Setelah kulit terluar berhasil terangkat, maka sel kulit yang mati juga ikut dibuang  dari wajah. Melalui beberapa tahapan prosedur, kulit wajah dapat beregenerasi dan tumbuh sel-sel yang baru. Kulit baru yang tumbuh tersebut tentunya memiliki kondisi yang lebih bagus dan sehat.

Chemical atau cairan kimiawi khusus akan diaplikasikan pada wajah atau bagian yang diinginkan untuk dilakukan tindakan. Setelah itu, proses pengelupasan kulit akan berlangsung dan sel-sel yang telah mati juga ikut terangkat.

Chemical peeling ini sangat bagus untuk mengembalikan kondisi kulit yang mengalami kerusakan akibat hiperpigmentasi, bekas jerawat, munculnya kerutan, warna kulit tidak rata dan sebagainya. Hasilnya, kulit kembali kinclong, sehat dan kencang.

Apa Saja Manfaat Chemical Peeling Wajah

chemical peels wajah

Chemical peeling memang lebih sering digunakan dalam prosedur perawatan wajah, tetapi tidak menutup kemungkinan digunakan juga pada area lainnya, seperti tangan maupun leher. Selain wajah, kulit area leher termasuk yang rawan mengalami keriput dan mengendur.

Dengan prosedur dan tahapan tindakan yang benar, chemical peeling wajah dapat memberikan manfaat berikut ini.

  • Mencegah Munculnya Jerawat

Jerawat menjadi masalah kulit yang paling umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja. Jerawat, selain mengganggu penampilan, juga dapat meninggalkan bekas parut ataupun flek kehitaman pada wajah. Cara pengobatan jerawat biasanya memakai salep atau krim topikal dan obat oral.

Tapi sayangnya, beberapa orang tidak cukup menggunakan cara pengobatan seperti diatas untuk menghilangkan jerawat. Hal tersebut mungkin saja disebabkan oleh tipe kulit wajah yang terlalu berminyak dan sebagainya.

Bagi yang sudah pusing dan bingung mengatasi masalah jerawat, disarankan untuk mencoba perawatan dengan chemical peeling. Salah satu fungsi chemical peeling pada wajah yaitu dapat mencegah munculnya jerawat. 

Chemical peeling bekerja memecah komedo dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah yang menjadi faktor pemicu munculnya jerawat. Disamping itu, chemical peeling juga akan membunuh bakteri, mengurangi inflamasi dan meningkatkan daya serap obat topikal pada wajah.

  • Mengangkat Sel Kulit Mati

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa chemical peeling wajah berfungsi untuk mengelupas dan mengangkat sel-sel kulit yang mati. Sel yang mati membuat warna kulit menjadi lebih gelap, kusam dan kotor. Dengan terangkatnya sel kulit mati maka kondisi kulit bisa kembali sehat dan bersih.

Terkelupasnya dan terbuangnya sel kulit mati melalui proses chemical peeling, membuat warna kulit kembali cerah dan  ternutrisi. Tekstur kulit juga akan kembali terasa kenyal dan kencang seperti masa remaja.

  • Menyamarkan Garis Wajah dan Kerutan

Setiap wanita pada dasarnya tidak menyukai adanya kerutan di wajah. Kerutan dianggap sebagai bentuk penuaan yang ingin dihindari oleh kaum hawa. Namun apa daya, bertambahnya usia tidak bisa dihindari. Meskipun begitu, ada usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan chemical peeling.

Perawatan wajah dengan chemical peeling bermanfaat untuk menyamarkan garis halus dan kerutan yang mulai tampak. Pengelupasan kulit terluar oleh chemical peeling menstimulasi tumbuhnya sel kulit baru yang lebih sehat, cerah, halus serta tidak ada kerutan.

  • Menyamarkan Bekas Jerawat

Bukan hanya jerawatnya saja yang dapat dihindari, tetapi juga bekas membandel yang terlanjur menempel pada wajah. Apa yang terjadi pada kulit ketika jerawat di wajah mulai memudar? Kulit secara natural membentuk serat kolagen yang baru untuk memperbaiki jaringan kulit.

Pembentukan serat kolagen tersebut dapat memicu penekanan pada bekas luka atrofi ataupun yang bergelombang. Agar tidak malah merusak kulit, sebaiknya produksi serat kolagen dikendalikan. Bagaimana caranya, yaitu dengan chemical peeling.

Chemical peeling membantu proses pengelupasan kulit terluar menjadi lebih cepat serta menurunkan kelebihan produksi kolagen.

  • Mengatasi Efek Paparan Sinar Matahari 

Indonesia adalah negara tropis yang cenderung panas. Intensitas paparan sinar matahari di Indonesia tergolong tinggi dan menjadi penyebab beberapa masalah pada kulit. Melansir Clinical Cosmetic and Investigational Dermatology, 90% tanda penuaan dini disebabkan oleh sinar matahari.

Radikal bebas yang terdapat pada sinar UV matahari dapat menyebabkan masalah kulit seperti munculnya bintik-bintik, hiperpigmentasi, flek hitam dan sebagainya. Chemical peeling wajah menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah akibat paparan sinar matahari.

Jenis-Jenis Chemical Peeling

chemical peels wajah

Prosedur chemical peeling pada kulit wajah dilakukan sesuai kebutuhan dan masalah yang dihadapi pasien. Secara umum, sebagaimana yang dijelaskan oleh Mayo Clinic, jenis chemical peeling pada wajah terdiri dari :

1.  Chemical Peeling Ringan

Chemical peeling ringan adalah prosedur pengelupasan secara kimiawi yang fungsinya untuk mengangkat epidermis atau lapisan kulit bagian luar. Prosedur ini umumnya dipakai dalam penanganan masalah jerawat, kerutan halus, kulit kering dan warna kulit yang tidak rata.

Chemical peeling ringan dilakukan dengan intensitas 2-5 minggu sekali.

2.  Chemical Peeling Sedang

Untuk mengatasi masalah kerutan, warna kulit tidak rata, bekas jerawat yang lebih berat, biasanya digunakan tindakan chemical peeling wajah jenis sedang. Cairan kimiawi yang dioleskan pada kulit akan mengilangkan epidermis dan lapisan tengah atau dermis.

Prosedur ini memerlukan tindakan yang berkali-kali untuk mendapatkan hasil sempurna.

3.  Chemical Peeling Dalam 

Chemical peeling dalam digunakan untuk mengatasi masalah yang lebih berat, seperti bekas luka dan kerutan yang sudah parah serta pertumbuhan kulit abnormal pada prakanker. Tindakan pada chemical peeling dalam tidak memerlukan prosedur pengulangan.

Berapa Lama Hasil Chemical Peeling Wajah Terlihat?

chemical peels wajah

Lama tidaknya hasil tindakan melalui chemical peeling dapat dilihat dan dirasakan memang tidak sama. Berapa lama hasilnya dapat terlihat, dipengaruhi juga oleh jenis chemical peeling yang dilakukan.

Prosedur chemical peeling ringan akan terlihat hasilnya sekitar 7 hari, prosedur ringan memerlukan waktu 7-14 hari dan prosedur chemical peeling dalam baru akan tampak hasilnya setelah 2 minggu dari dilakukannya tindakan.

Chemical peeling wajah sangat efektif untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat terpapar oleh sinar matahari, kelainan pigmentasi dan memperbaiki tekstur pada permukaan kulit. Chemical peeling aman dilakukan selama dijalankan sesuai prosedur dan ditangani oleh tenaga ahli.

Proses Chemical Peeling Wajah

Proses chemical peeling umumnya dilakukan dalam beberapa langkah berikut:

  1. Pembersihan: Wajah dibersihkan dengan sabun pembersih wajah yang lembut untuk mengangkat kotoran dan make up.
  2. Pengaplikasian larutan chemical peeling: Larutan chemical peeling dioleskan ke permukaan wajah dengan kuas atau kapas.
  3. Netralisasi: Setelah beberapa menit, larutan chemical peeling dinetralkan dengan air atau larutan khusus.
  4. Pendinginan: Wajah didinginkan dengan kompres dingin untuk mengurangi kemerahan dan iritasi.
  5. Pengaplikasian produk perawatan: Pelembab dan sunscreen dioleskan ke wajah untuk membantu menenangkan dan melindungi kulit.

Hasil Chemical Peeling Wajah

Perawatan Kulit Penting Dilakukan Setelah Menjalani Perawatan chemical peels

Hasil chemical peeling dapat terlihat setelah beberapa hari atau minggu, tergantung pada jenis peeling yang dilakukan. Berikut adalah beberapa hasil yang dapat diharapkan:

  • Kulit lebih cerah dan merata: Flek hitam, bekas jerawat, dan hiperpigmentasi akan memudar, sehingga kulit tampak lebih cerah dan merata.
  • Kulit lebih halus dan kenyal: Garis halus dan kerutan akan berkurang, sehingga kulit tampak lebih halus dan kenyal.
  • Tekstur kulit lebih halus: Pori-pori besar, komedo, dan tekstur kulit yang kasar akan berkurang.
  • Penyerapan produk skincare lebih baik: Produk skincare akan lebih mudah meresap dan bekerja lebih efektif.
  • Jerawat berkurang: Jerawat akan berkurang dan komedo akan tersumbat.

Perawatan Setelah Chemical Peeling Wajah

Setelah melakukan chemical peeling, penting untuk melakukan beberapa langkah perawatan berikut:

  • Gunakan sunscreen minimal SPF 30 setiap hari: Kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari setelah chemical peeling.
  • Hindari penggunaan produk skincare yang mengandung bahan keras: Hindari produk yang mengandung AHA, BHA, dan retinoid selama beberapa hari setelah chemical peeling.
  • Gunakan pelembab yang sesuai: Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk menjaga hidrasi kulit.
  • Hindari menyentuh dan mengelupas kulit yang mengelupas: Biarkan kulit yang mengelupas alami dan hindari mengelupasnya secara paksa.

Tips Memilih Chemical Peeling Wajah

Eterniskin Klinik Kecantikan Wonogiri chemical peels

  • Konsultasikan dengan dokter kulit: Konsultasikan dengan dokter kulit untuk menentukan jenis chemical peeling yang tepat untuk Anda.
  • Pilih produk chemical peeling yang sesuai: Pilih produk chemical peeling yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda.
  • Lakukan tes alergi: Lakukan tes alergi sebelum menggunakan produk chemical peeling.
  • Gunakan chemical peeling sesuai dengan petunjuk penggunaan: Gunakan chemical peeling sesuai dengan petunjuk penggunaan pada produk.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Reference:

Artikel Terkait