3 Manfaat Perawatan Pico Laser untuk Kulit dan Wajah

Manfaat Pico Laser untuk Wajah dan Kulit

Selain untuk menghilangkan tato, manfaat Pico Laser ternyata juga banyak digunakan dalam dunia treatment kecantikan. Seperti yang bisa diketahui sendiri, jenis treatment semakin ke sini memang semakin banyak dan juga kompleks.

Hal tersebut demi memenuhi permintaan dari para beauty enthusiast untuk hasil penampilan yang prima. Mulai dari kulit wajah yang bebas dari bekas jerawat hingga warna kulit yang merata.

Pico laser termasuk salah satu jenis perawatan yang efektif untuk program hasil yang baru saja disebutkan. Menariknya lagi, Pico Laser juga ampuh untuk menghilangkan bekas luka yang kerap kali menurunkan kepercayaan diri.

Dari sini, sebenarnya apa itu Pico Laser? Bagaimana prosedurnya? Apa saja manfaat yang bisa diperoleh? Semuanya akan dibahas pada ulasan di bawah.

Apa Itu Pico Laser?

Pico Laser

Pico laser atau juga picosecond merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan gelombang cahaya laser untuk ditembakkan pada area yang diinginkan. Dengan ini, Pico Laser masuk ke dalam salah satu treatment non invasif atau juga non bedah.

Jadi, ini merupakan sebuah perawatan yang cocok apabila Anda takut dengan sistem bedah atau juga sensasi rasa sakit. Pico laser memang disinyalir lebih meminimalisir rasa sakit dibandingkan sistem treatment yang lainnya.

Tidak hanya sebatas itu, Pico Laser juga cocok untuk hampir semua jenis kulit, serta bisa dilakukan untuk haum hawa dan juga adam. Anda dapat menggunakannya untuk treatment kecantikan wajah atau juga pada bagian tubuh yang lain.

Manfaat Pico Laser

Pico Laser

Fungsi dari Pico Laser pada intinya adalah menyamarkan sesuatu baik itu bekas luka, bintik kehitaman, hingga meratakan warna kulit. Namun, ada beberapa keunggulan lain yang bisa didapatkan dengan memakai Pico Laser, yaitu:

1. Membuat Wajah Glowing

Teknologinya yang ampuh dalam memicu regenerasi kulit membuat kulit wajah akan terlihat glowing. Seperti yang bisa diketahui sendiri, definisi glowing sendiri merupakan kondisi di mana wajah terlihat lebih cerah, halus, dan juga berseri.

2. Membuat Kulit Wajah Terlihat Sehat

Hal tersebut tidak mengherankan, karena cara kerja dari Pico Laser ini mampu membuat produksi kolagen dan juga elastin meningkat secara efektif. Dengan ini, kulit tentunya akan terlihat lebih sehat dan juga kenyal.

3. Menghilangkan Noda

Salah satu manfaat utama dari treatment Pico Laser adalah dapat menghilangkan noda di kulit. Noda di sini diartikan sebagai beberapa kondisi masalah kulit. Misalnya saja, bintik hitam atau flek, tanda lahir yang berada di area tidak diinginkan, hingga bekas luka atau juga tato yang ingin dihilangkan.

Teknologi lasernya memang disinyalir sangat ampuh dalam menghilangkan beberapa kondisi noda yang sudah disebutkan barusan.

Cara Kerja Pico Laser

Pico Laser

Pico Laser bekerja dengan menggunakan pulsa laser ultra-pendek (picosecond) yang dihantarkan ke area kulit yang ingin dirawat.

Pulsa laser ini memecah pigmen dan melanin di kulit menjadi partikel kecil yang kemudian dikeluarkan tubuh secara alami. Energi laser juga merangsang produksi kolagen dan elastin untuk meningkatkan tekstur dan elastisitas kulit.

Prosedur Pico Laser

treatment

Apabila Anda merasa tertarik dengan Pico Laser yang satu ini, maka berikut adalah prosedur yang akan dialami:

1. Tindakan Sebelum Melakukan Pico Laser

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan Pico Laser adalah dengan memperhatikan kondisi Anda terlebih dahulu. Karena ada beberapa situasi yang mana itu membuat dilarangnya pemberian metode Pico Laser pada tubuh. Beberapa di antaranya adalah:

  • Seorang ibu hamil dan menyusui
  • Mengidap gangguan autoimun seperti diabetes tipe 1 dan juga penyakit lupus
  • Menderita penyakit herpes, eksim, atau psoriasis
  • Memiliki riwayat kondisi jaringan parut keloid
  • Pasien yang menggunakan alat pacu jantung dan obat pengencer darah
  • Melakukan tanning setidaknya satu bulan sebelum treatment

Nah, apabila Anda merasa mengalami salah satu kondisi dari yang sudah disebutkan di atas, akan jauh lebih baik menghindari treatment Pico Laser atau mengkonsultasikan terhadap dokter terlebih dahulu.

2. Prosedur Treatment Pico Laser

Setelah memastikan kondisi tubuh Anda sudah siap untuk menjalani treatment yang satu ini, maka Anda bisa datang ke klinik kecantikan untuk mulai melakukan Pico Laser. Setelahnya, ini yang akan dialami selama prosedur berjalan:

  • Kulit yang akan menjalani proses treatment akan dibersihkan dan juga disterilkan terlebih dahulu.
  • Setelahnya, laser akan ditembakkan pada area kulit yang diinginkan.
  • Penembakan laser ini merupakan pengiriman gelombang sinar laser yang memiliki kecepatan 1/1000 detik. Teknik ini memang sengaja untuk ‘melukai’ kulit yang dalam artian untuk mendorong regenerasi sel baru terjadi lebih cepat. Begitu pula dengan produksi dari kolagen serat elastin.
  • Dengan ini, maka akan terbentuklah sel kulit baru yang lebih cerah dan juga sehat dibandingkan dengan bekas luka, atau juga flek yang menjadi target tembakan laser.

Prosedurnya berlangsung setidaknya selama 15 hingga 20 menit. Sedangkan untuk hasilnya, akan terlihat setelah sesi pertama dilakukan. Kulit akan terus meregenerasi diri hingga 1-2 minggu lamanya.

3. Pasca Pico Laser

Manfaat Pico Laser memang cukup terlihat menjanjikan dan juga efektif sekali untuk dilakukan. Namun, biasanya ada efek yang terjadi begitu pasca treatment.

Kulit mungkin akan terlihat sedikit membengkak dan juga memerah. Karena masih dalam keadaan yang sensitif, sebisa mungkin jangan biarkan kulit terkena langsung oleh paparan sinar matahari terlebih dalam jangka waktu yang lama.

Jenis-jenis Perawatan Pico Laser dan Fungsinya

treatment

Untuk melakukan perawatan pico laser tentunya Anda perlu mengetahui jenis-jenis dari treatment tersebut beserta fungsinya, hal ini untuk memaksimalkan treatment yang dibutuhkan.

Berikut beberapa jenis dari perawatan pico laser yang umum dilakukan.

1. Pico Laser Toning

  • Fungsi: Meratakan warna kulit, mencerahkan, dan memudarkan flek hitam seperti melasma, hiperpigmentasi pasca inflamasi (PIH), dan lentigo.
  • Cara Kerja: Pulsa laser menargetkan melanin berlebih di lapisan epidermis dan dermis.
  • Hasil: Kulit tampak lebih cerah, merata, dan bercahaya.

2. Pico Laser Genesis

  • Fungsi: Mengatasi tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, dan tekstur kulit kasar.
  • Cara Kerja: Pulsa laser merangsang produksi kolagen dan elastin di lapisan dermis.
  • Hasil: Kulit tampak lebih halus, kencang, dan kenyal.

3. Pico Laser Acne Scar

  • Fungsi: Menghilangkan bekas jerawat seperti bopeng dan hiperpigmentasi pasca jerawat.
  • Cara Kerja: Pulsa laser memecah jaringan parut dan merangsang produksi kolagen baru.
  • Hasil: Bekas jerawat tampak lebih halus dan memudar.

4. Pico Laser Tattoo Removal

  • Fungsi: Menghilangkan tato dengan berbagai warna.
  • Cara Kerja: Pulsa laser memecah partikel tinta tato menjadi partikel kecil yang dikeluarkan tubuh.
  • Hasil: Tato memudar dan hilang secara bertahap.

Keunggulan Pico Laser

  • Perawatan lebih cepat dan nyaman dibandingkan laser tradisional.
  • Risiko downtime minimal.
  • Aman untuk semua jenis kulit.
  • Efektif untuk berbagai masalah kulit.

Manfaat Pico Laser memang cukup kompleks dan dirasa efektif untuk memperbaiki ketidak percayaan diri karena masalah kondisi kulit. Oleh sebab itu, treatment yang satu ini juga sudah bisa ditemui pada banyak klinik kecantikan.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

 

Reference: 

 

Artikel telah ditinjau oleh:

dr. Andreas Widiansyah - Dokter Spesialis Kecantikan

dr. Andreas Widiansyah, SpDVE, FINSDV, FAADV

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait