Macam-Macam Perawatan Payudara dan Berbagai Manfaatnya

breast-treatment-eterniskin

Breast treatment atau yang lebih dikenal dengan perawatan payudara adalah hal yang akan dilakukan oleh bagian bedah dan nonbedah. Tidak lain tujuannya adalah untuk membuat tampilan payudara menjadi lebih indah. 

Siapa sangka, wanita akan senang dengan adanya treatment ini karena dirasa sangat worth it untuk memiliki tubuh yang ideal. Memang permasalahan payudara ini tidak akan pernah habis di masyarakat karena setiap orang akan memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. 

Sebenarnya, selama tidak terdapat keluhan berarti maka semua payudara yang dimiliki setiap wanita sudah indah. Tidak ada salahnya jika ingin membuat payudara akan terasa lebih indah dan tentu akan menjadi daya tarik tersendiri. 

Kategori Perawatan Payudara

Dalam perawatannya ternyata masih dibagi menjadi beberapa kategori. Pembagian kategori ini akan membuat orang yang ingin melakukan treatment menjadi lebih fokus dan sesuai dengan keinginannya. Agar mudah menentukan kebutuhan perawatan ini maka bisa dilihat kategorinya terlebih dahulu, yaitu:

1. Memperbesar Payudara

Kategori yang pertama adalah pembesaran payudara atau augmentation mammoplasty. Prosedur ini akan dilakukan pada bagian bedah sehingga bisa meningkatkan ukuran, kontur, dan tampilan pada payudara wanita. 

Prosedur yang dilakukan untuk bisa pembesaran payudara ini adalah dengan memasukkan implan pada bawah otot dada atau atas dada. Nantinya dokter bedah yang akan melakukan operasi ini tentu saja setelah melihat beberapa kondisi pasien sebelumnya. 

Implan payudara yang akan dimasukkan ke dalam otot dada ini merupakan cangkang silikon yang diisi dengan gel silikon atau garam. Namun, sebelumnya wanita yang ingin melakukan operasi ini harus menentukan ukuran yang diinginkan terlebih dahulu. 

2. Memperkecil Payudara

Memperkecil payudara atau pengecilan payudara ini sering dilakukan wanita yang memang memiliki payudara berat dan besar. Untuk prosedurnya sendiri dengan menghilangkan beberapa kelebihan lemak, kulit, maupun jaringan payudara yang menumpuk. 

Mungkin tidak akan sulit membayangkan prosedur dari pengecilan payudara ini. Sebenarnya yang akan melakukan proses ini adalah anestesi umum. Pasien bisa tertidur selama proses operasi payudara karena akan memakan banyak waktu yaitu sekitar 2 – 3 jam. 

Caranya adanya dokter akan memindahkan terlebih dahulu puting payudara pada posisi barunya. Setelah itu, barulah kelebihan lemak, kulit, dan jaringan kelenjar akan dihilangkan pada payudara Anda. Dokter akan melakukan pembentukan kembali jaringan payudara yang masih ada pada posisinya. 

3. Rekonstruksi Payudara

Kategori selanjutnya adalah pengobatan kanker payudara yang merupakan operasi rekonstruksi payudara. Wanita dengan kondisi tertentu akan melakukan mastektomi atau operasi pengangkatan payudara. Terdengar mengerikan bukan? Namun hal ini berguna untuk mengobati kanker yang diderita. 

Selain estetika, pengobatan kanker juga akan dilakukan. Prosedur yang dilakukan juga cukup unik karena puting dan areola payudara akan dibuat kembali oleh dokter. Kemudian, untuk kontur, volume, dan tampilannya akan dibuat menggunakan jaringan yang ada di dalamnya. 

Ada juga pembuatan jaringan yang berasal dari segmen dinding perut bagian bawah dan juga otot punggung, lemat, kulit, otot, dan lainnya.  

4. Pengencangan Payudara

Disebut juga dengan breast lift yang merupakan pengencangan payudara. Wanita dengan payudara melorot memang kerap melakukan treatment ini. Hal tersebut dikarenakan untuk kulit yang digunakan untuk menopang payudara ini tidak cukup tangguh dan kuat. 

Kondisi ptosis tersebut memang kerap dialami oleh orang yang sudah memiliki banyak umur. Namun, tidak jarang untuk anak muda juga bisa mengalaminya. Dengan begitu, prosedur yang dilakukan adalah dengan menghilangkan kulit berlebih pada payudara wanita. 

Prosedurnya adalah dengan cara membuat sayatan yang akan dilakukan di sekitar areola, setelah itu memanjang ke bawah mulai dari areola sampai pada lipatan payudara tersebut. Saat beberapa kelebihan payudara sudah diambil maka puting akan digeser pada posisi yang lebih tinggi lagi. 

Tujuan Perawatan Payudara

Memiliki payudara yang proporsional maka akan membuat kepercayaan diri wanita meningkat. Tujuan utama dari perawatan ini memang dikhususkan bagi wanita. Karena sebagian orang tidak percaya diri dengan ukuran payudara yang kecil maupun yang terlalu besar. 

Tentu saja bagi wanita yang memiliki besar payudara tidak simetris maka kerap melakukan pembesaran payudara untuk mendapatkan payudara ideal. Namun, perubahan payudara tersebut juga bisa terjadi karena kondisi tertentu seperti hamil sehingga payudara menjadi melorot. 

Tidak terlepas dari tujuan kecantikan namun perawatan ini juga bisa ditujukan untuk alasan kesehatan. Hal tersebut dikarenakan bagi wanita yang memiliki payudara besar contohnya maka mereka kerap merasakan sakit leher maupun nyeri punggung sehingga harus diatasi untuk permasalahan tersebut.  

Manfaat Melakukan Perawatan Payudara

Saat Anda melakukan breast treatment maka sejumlah manfaat bisa dirasakan pada diri Anda. Terlebih untuk masalah kesehatan juga bisa teratasi. Oleh sebab itu, Anda dapat melihat yang bisa saja didapatkan seperti di bawah ini:

1. Membuat Bentuk Payudara Indah

Bentuk payudara yang indah memang menjadi impian bagi setiap wanita. Breast treatment ini bisa dilakukan untuk memperbaiki masalah payudara yang bisa saja dirasakan. Untuk payudara yang tidak proporsional seperti terlalu besar, terlalu kecil, melorot, maka bisa diperbaiki. 

Setelah mendapatkan perawatan yang tepat dan hasil dari ahli medis maka payudara yang dimiliki akan berbentuk indah. Saat memiliki bentuk payudara yang indah maka bisa meningkatkan kepercayaan pada diri sendiri. 

2. Ukuran Tubuh Menjadi Lebih Proporsional

Selain ukuran payudara yang indah, ternyata ukuran payudara ini juga membuat tubuh menjadi lebih proporsional. Jika memiliki payudara kecil namun pinggul besar tentu saja akan terasa lebih berat dan tubuh menjadi tidak seimbang. 

Hal itu bisa diatasi dengan cara melakukan perawatan payudara sehingga ukuran payudara bisa mengikuti ukuran tubuh yang dimiliki. Selain payudara yang proporsional, tubuh juga bisa mendapatkan ukuran yang tepat dan proporsional juga. 

3. Gaya Hidup Lebih Aktif

Gaya hidup yang lebih aktif mungkin akan susah dilakukan oleh orang yang memiliki payudara besar. Oleh sebab itu, memiliki payudara yang ideal akan membuat orang lebih percaya diri dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Tidak salah jika wanita akan melakukan gaya hidupnya yang lebih aktif dengan cara berolahraga. Olahraga yang dilakukan akan semakin baik jika memiliki payudara yang lebih kecil. Dan untuk yang memiliki payudara kecil tentu saja bisa olahraga yang baik tanpa harus perawatan terlebih dahulu. 

4. Mudah Memilih Baju Sesuai Keinginan

Memilih pakaian yang tepat akan terasa susah apabila ukuran payudara yang dimiliki tidak proporsional. Breast treatment ini akan membuat wanita bisa memiliki baju secara bebas. Berbagai macam pakaian bisa digunakannya sehingga kepercayaan diri semakin meningkat. 

Melakukan perawatan payudara memang bisa dilakukan di rumah sakit terpercaya. Anda bisa berkonsultasi bersama dokter terlebih dahulu untuk menentukan perawatan apa yang tepat dan aman sehingga mendapatkan payudara yang lebih proporsional. 

Namun, apakah breast treatment dengan menggunakan implan sudah legal di Indonesia? Berbagai macam pertanyaan keamanan tentu saja banyak dilontarkan. Jawabannya adalah breast treatment dengan tindakan medis ini bisa Anda lakukan di rumah sakit ternama.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Artikel Terkait