Ketahui Manfaat hingga Pantangan setelah Chemical Peeling

pantangan-setelah-chemical-peeling-eterniskin

Apakah Anda pernah melakukan perawatan chemical peeling? Bila umumnya perawatan yang sering dilakukan adalah facial, chemical peeling menjadi perawatan yang tidak kalah penting dilakukan. Namun, agar manfaat chemical peeling lebih maksimal, pastikan Anda mematuhi pantangan setelah chemical peeling. 

Chemical peeling menjadi salah satu perawatan yang dilakukan bagi pemilik wajah berjerawat serta mulai muncul penuaan dini. Sebenarnya apa itu chemical peeling, apa saja manfaatnya untuk wajah? 

Manfaat Chemical Peeling

Sebelum membahas mengenai pantangan setelah chemical peeling, Anda harus mengetahui manfaat melakukan perawatan ini terlebih dahulu. Berikut berbagai manfaat melakukan chemical peeling, antara lain:

1. Dapat Mengurangi Lesi Jerawat yang Aktif

Orang yang mempunyai bintik jerawat dapat menghilangkan lesi sekaligus kulit kusam dengan menggunakan perawatan chemical peeling. Bahan yang dipergunakan dalam chemical peeling dapat masuk di kelenjar pilosebaceous. 

Kelenjar tersebut adalah tempat jerawat bermula. chemical peeling dapat membunuh bakteri yang berada di sana serta mengurangi produksi sebum yang dapat memicu jerawat. Perawatan chemical peeling dapat dilakukan ketika Anda sedang melakukan pengobatan anti jerawat. 

Dengan menggunakan prosedur chemical peeling, hasil yang diperoleh akan menjadi lebih cepat.

2. Menghilangkan Komedo

Selain mengurangi jerawat yang aktif, chemical peeling juga dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo. Hal ini disebabkan karena prosedur chemical peeling memiliki sifat keratolitik, sehingga tidak akan membiarkan kulit tersumbat serta membentuk komedo.

Perawatan chemical peeling dapat mengatasi komedo yang terlanjur muncul, serta mencegahnya berubah menjadi lesi jerawat. Bila Anda mempunyai komedo hitam dan komedo putih, chemical peeling akan mengatasi masalah ini, dan mencegah kemunculan jerawat. 

3. Mengurangi Bekas pada Jerawat

Jerawat umumnya dapat muncul serta sembuh dalam kurun waktu beberapa hari. Tetapi, bekas jerawat membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan agar dapat memudar. Bintik kehitaman ini tidak mudah hilang begitu saja, sehingga, membuat kulit menjadi terlihat kusam. 

Chemical peeling mempunyai manfaat untuk mengurangi bekas jerawat yang membandel, sehingga, bila bintik hitam, di kulit tidak menghilang dengan krim atau serum, chemical peeling dapat dijadikan pilihan.

4. Kulit Lebih Halus dan Cerah

Semua jenis chemical peeling mempunyai efek peremajaan kulit secara keseluruhan. Sehingga, meskipun Anda menggunakan chemical peeling untuk jerawat, Anda juga akan memperoleh wajah yang halus dan cerah secara keseluruhan. 

Sesudah menjalani perawatan chemical peeling, Anda akan melihat tekstur kulit yang membaik serta bintik pigmentasi yang berkurang. Tidak hanya itu, kulit juga terlihat jauh lebih cerah, karena sel kulit mati mulai terangkat. 

Pantangan Setelah Chemical Peeling

Melakukan perawatan menggunakan prosedur chemical peeling  memang dapat dijadikan sebagai pilihan agar kulit semakin cantik dan sehat. Agar hasil chemical peeling dapat lebih maksimal, berikut beberapa hal yang tidak boleh dilakukan setelah perawatan chemical peeling, antara lain:

1. Menggaruk Kulit

Pantangan setelah chemical peeling yang pertama adalah menggaruk kulit yang baru saja dirawat. Tujuan utama yang dilakukan chemical peeling adalah mengelupas kulit kering serta lapisan sel kulit mati yang berada di permukaan kulit.

Namun, proses ini tidak boleh dipaksakan dan harus membiarkan kulit mengelupas secara alami, agar nantinya pertumbuhan kulit baru sempurna, saat bekas kulit lama sudah terlepas.

Bila memaksa menggaruk kulit, Anda bukan memperoleh kulit yang sehat, tetapi malah memperoleh kulit kemerahan bahkan bekas luka. Karena alasan inilah, hindari memaksa kulit mengelupas sesudah chemical peeling. 

2. Menggunakan Pelembab Berlebihan

Setelah perawatan chemical peeling, nantinya Anda akan merasa kulit menjadi terasa lebih kering serta mengeras. Mungkin, Anda juga akan merasakan wajah menjadi kaku. Hal ini menjadi bagian dari proses pengelupasan lapisan kulit lama serta merangsang regenerasi kulit baru, sehingga Anda tidak perlu cemas. 

Anda hanya perlu membiarkan kondisi ini berjalan alami, karena regenerasi menumbuhkan kulit baru membutuhkan proses, serta kulit lama yang berubah menjadi kering adalah perlindungan untuk kulit baru yang tumbuh. 

Menggunakan pelembab dalam jumlah banyak menjadi salah satu larangan setelah melakukan prosedur chemical peeling. Menggunakan pelembab akan membuat masa downtime wajah menjadi bertahan lama.

3. Exfoliate

Pantangan lain setelah melakukan perawatan chemical peeling adalah mengelupas kulit wajah yang kering setelah chemical peeling. Menggunakan scrub dapat memperparah iritasi yang sengaja dibuat. Menggunakan produk perawatan yang memiliki kandungan asam untuk mempercepat pengelupasan malah dapat merusak kulit dan menyebabkan parut di wajah.

4. Terkena Sinar Matahari Berlebihan

Pantangan lain yang harus dihindari adalah paparan sinar matahari secara berlebihan. Bila Anda harus melakukan aktivitas di luar ruangan setelah chemical peeling, gunakan tabir surya dengan tingkat perlindungan cukup.

Hal tersebut dapat mencegah kulit mengalami iritasi parah dan membuat chemical peeling yang dilakukan tidak mampu memberi hasil yang terbaik.

Pantangan setelah chemical peeling tidak sesulit seperti yang dibayangkan, bukan? Agar memperoleh hasil yang maksimal, Anda juga dapat melakukan prosedur chemical peeling di klinik kecantikan yang terpercaya.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait