Ketahui Jenis, Proses, Hingga Fungsi Laser Rejuvenation

laser-rejuvenation-eterniskin

Laser rejuvenation merupakan tindakan perbaikan struktur dan penampilan kulit dengan cara melapisi kulit menggunakan sinar laser. Fungsi laser rejuvenation diantaranya memperbaiki kulit dari segi struktur dan teksturnya.

Penanganan laser rejuvenation ini tentunya dilakukan oleh tenaga ahli, yaitu dokter spesialis kulit atau dokter umum yang kompeten. Teknologi laser untuk wajah ini mampu membuat kulit kembali sehat, kencang dan tidak ada kerutan.

Apa itu Laser Rejuvenation?

Kaum wanita adalah makhluk yang sangat memperhatikan penampilan, terutama kondisi kulitnya. Berbagai cara dilakukan supaya kondisi kulit tetap sehat, bersih, cerah dan tentu saja bebas dari noda serta kerutan.

Salah satu jenis treatment untuk memperbaiki struktur dan penampilan kulit yaitu laser rejuvenation. Sesuai namanya, prosedur kecantikan ini memang mempergunakan laser sebagai bagian dari tindakan. 

Laser rejuvenation adalah tindakan untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak dengan cara melapisinya dengan sinar laser. Dengan pelapisan tersebut, maka kulit dapat diperbaiki kondisinya. Sinar laser akan mengangkat lapisan kulit mati dan merangsang sel kulit yang baru.

Munculnya sel kulit baru inilah yang kemudian membuat penampilan kulit menjadi lebih sehat dan kencang. Fungsi laser rejuvenation dapat digunakan pada kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan bekas luka, seperti bekas cacar misalnya.

Selain itu, laser rejuvenation juga menjadi alternatif bagi siapa saja yang ingin menghilangkan kerutan di kulit area wajah, mengurangi hiperpigmentasi dan masalah warna kulit.

Jenis – Jenis Laser Rejuvenation

Dalam prosedur laser rejuvenation, ada dua metode yang akan dilakukan terapis atau dokter kepada pasien. Metode dalam laser rejuvenation yang dimaksud terdiri dari :

1. Laser Ablatif

Laser ablatif itu apa? Yang disebut dengan laser ablatif yaitu tindakan mengangkat sel kulit yang rusak pada lapisan epidermis dengan cara memanaskan lapisan dermis. Akibat pemanasan ini maka serat kolagen akan tumbuh.

Dengan tumbuhnya serat-serat kolagen pada lapisan epidermis atau bagian terluar kulit, maka penampilan kulit wajah akan kembali segar, sehat, kencang dan bebas dari kerutan. Jenis sinar laser yang digunakan adalah gas karbondioksida (CO2), laser erbium ataupun kombinasi keduanya.

2. Laser Non Ablatif

Tindakan menggunakan laser non ablatif juga bertujuan untuk merangsang pertumbuhan kolagen, hanya caranya saja yang berbeda. Jika laser ablatif dilakukan dengan cara memanaskan lapisan dermis, berbeda dengan non ablatif.

Laser non ablatif dilakukan tanpa adanya tindakan pengangkatan sel kulit epidermis untuk merangsang kolagen. Dokter akan melukai kulit dengan tujuan untuk merangsang munculnya  serat kolagen. Tentu saja pasien sudah diberikan bius lokal agar tidak merasa kesakitan selama tindakan.

Setelah tindakan menggunakan beragam jenis laser termasuk IPL, maka kulit menjadi lebih bagus warnanya dan teksturnya akan kembali baik. Meskipun laser rejuvenation non ablatif ini waktu pemulihannya cukup singkat, tapi sayangnya kurang diminati. 

Namun, baik metode ablatif maupun non ablatif, fungsi laser rejuvenation tetap dapat dirasakan secara maksimal oleh para wanita.

Proses dalam Laser Rejuvenation

Sebagaimana treatment kulit lainnya, laser rejuvenation juga dilakukan melalui tahapan dan proses tertentu. Disarankan untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter sebelum melakukan tindakan laser rejuvenation tersebut.

Setelah dirasa tidak ada masalah apapun, maka pasien bisa segera mendapatkan tindakan laser rejuvenation yang dilakukan melalui tahapan dan proses sebagai berikut.

1. Tindakan Laser Ablatif

Pasien yang memilih metode laser ablatif akan diberikan tindakan oleh terapis atau dokter sesuai dengan prosedur yang benar. Pertama, dokter akan menyinari wajah dengan laser untuk memanaskan lapisan dermis dan mengangkat lapisan luar kulit yang tipis atau epidermis.

Setelah itu, serat-serat kolagen akan dipicu agar terbentuk dan membuat lapisan epidermis kulit kembali sehat, kencang dan halus. Laser digerakkan secara perlahan pada kulit yang sebelumnya telah diberikan anestesi atau dibius. Prosedur laser rejuvenation ablatif berlangsung selama 30 – 120 menit, tergantung dari kondisi kulitnya.

2. Tindakan Laser Non Ablatif

Prosedur laser non ablatif membutuhkan waktu yang lebih panjang, bahkan bisa saja sampai beberapa minggu, karena tindakan pengobatan harus dilakukan berulang kali. Tindakan pengobatan yang panjang ini diperlukan supaya pasien mendapatkan hasil yang maksimal, contohnya pada treatment laser balck doll.

Dokter akan memberikan cahaya laser pada wajah agar dapat menembus lapisannya tanpa menghilangkan lapisan epidermis. Setelah itu, pasien akan diberikan serangkaian perawatan, seperti membalut luka dan memberikan salep.

Fungsi Laser Rejuvenation

Perawatan kulit wajah dengan metode laser rejuvenation berfungsi untuk membuat struktur dan penampilan kulit menjadi lebih baik. Namun, tidak perlu kuatir kalau kulit berwarna kemerahan dan mungkin ada pembengkakan, karena itu adalah reaksi normal dari prosedur yang dilakukan.

Setelah periode warna kulit memerah ataupun ada pembengkakan, barulah hasil laser rejuvenation bisa dilihat dari tampilan kulit yang lebih kencang dan kerut menghilang. Agar hasilnya dapat terlihat lebih cepat, sebaiknya hindari paparan sinar matahari selama proses perawatan.

Fungsi laser rejuvenation yang utama yaitu untuk memperbaiki kondisi kulit dari penampilan maupun strukturnya. Setidaknya, ada dua metode yang dapat dipilih oleh pasien, yaitu laser rejuvenation ablatif dan non ablatif.

Laser rejuvenation merupakan tindakan perbaikan struktur dan penampilan kulit dengan cara melapisi kulit menggunakan sinar laser. Fungsi laser rejuvenation diantaranya memperbaiki kulit dari segi struktur dan teksturnya.

Penanganan laser rejuvenation ini tentunya dilakukan oleh tenaga ahli, yaitu dokter spesialis kulit atau dokter umum yang kompeten. Teknologi laser untuk wajah ini mampu membuat kulit kembali sehat, kencang dan tidak ada kerutan.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Artikel Terkait