Kenali IPL Treatment Acne, Salah Satu Jenis IPL Terpopuler

ipl-treatment-acne

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering sekali dikeluhkan oleh sebagian besar masyarakat. Eksistensinya dapat menurunkan kepercayaan diri secara drastis. Namun banyak usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya adalah IPL treatment acne.

IPL treatment acne merupakan sebuah perawatan kulit yang pemanfaatannya berasal dari cahaya lampu xenon. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dengan metode perawatan kulit satu ini.

Apa itu IPL Treatment?

Tentunya ini menjadi pertanyaan utama bagi Anda yang mungkin masih belum akrab dengan model treatment yang satu ini. IPL sendiri merupakan kependekan dari Intense Pulsed Light. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ini merupakan sebuah perawatan kulit yang menggunakan cahaya lampu xenon.

Nah, setelah membaca alat yang digunakan untuk treatment yang satu ini, pasti banyak yang berpikir bahwa metode ini sama dengan terapi laser. Pada dasarnya, keduanya bukan metode perawatan yang sama karena prosedur yang dilakukan serta alat yang digunakan berbeda.

Laser memiliki cara kerja memfokuskan satu sel dengan satu gelombang cahaya saja, sedangkan IPL memanfaatkan gelombang cahaya yang lebih kompleks dengan area fokus yang lebih besar juga. Manfaat dari IPL treatment ini adalah sebagai berikut:

  • Menuntaskan masalah jerawat
  • Memudarkan bekas luka
  • Menyamarkan kerutan dan juga garis-garis halus di wajah
  • Menyamarkan noda hitam dan tanda-tanda penuaan
  • Mampu merontokkan bulu
  • Mengurangi hiperpigmentasi kulit (menggelapnya kulit di beberapa area tertentu)

Selain itu, IPL tidak hanya bisa digunakan pada wajah saja, melainkan juga pada leher, tangan, dan dada. Cara kerja utamanya adalah dengan menstimulasi produksi kolagen dan juga elastin. Kedua elemen ini memang berperan utama dalam membuat kulit halus, remaja, elastis dan kencang.

Memang banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan memakai metode treatment yang satu ini. Jadi, tidak mengherankan banyak yang tertarik untuk menggunakannya. Terlebih, IPL disinyalir lebih minim untuk efek sampingnya.

Macam IPL Treatment

Berikut ini adalah beberapa macam IPL treatment:

1. IPL Treatment Acne

Seperti namanya, IPL Treatment Acne  khusus untuk mengatasi masalah jerawat yang ada di kulit. Disinyalir cukup efektif, dan juga aman.

2. IPL Skin Rejuve

Treatment yang ini digunakan untuk mengatasi kulit yang sering terkena paparan sinar matahari. Pasalnya, paparan sinar matahari yang berlebihan akan berdampak buruk untuk kulit.

3. IPL Vaskular

Perawatan yang satu ini digunakan untuk kondisi kulit sensitif.

4. IPL untuk Kulit Bergangguan Pigmen

Gangguan pigmen di sini dimaksudkan pada beberapa kasus, misalnya melasma atau juga flek hitam.

5. IPL Hair Removal

Seperti namanya, jenis yang satu ini untuk menghilangkan rambut atau bulu para beberapa bagian tubuh tertentu yang ingin dihilangkan. Namun, dibandingkan beberapa jenis lainnya, yang ini dikatakan kurang efektif. Biasanya, perawatan laser akan lebih berpengaruh untuk menghilangkan bulu.

Kelebihan IPL Treatment untuk Kulit Berjerawat

Banyak sekali orang yang berjuang dengan masalah jerawat yang dideritanya. Jerawat juga bisa meradang sehingga membuat tampilan wajah kurang sesuai harapan. Hal ini dapat menyebabkan menurunnya kepercayaan diri seseorang.

Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila skincare kini sudah banyak tersedia dalam versi acnenya. Masyarakat rela mengeluarkan uang banyak demi bisa mengatasi masalah yang satu ini.

Untuk IPL treatment acne sendiri sebenarnya tidak kalah ampuh dalam menuntaskan masalah yang satu ini. Terlebih, efek sampingnya sangat kecil sekali. Dengan itu, metode ini dikatakan cukup ampuh, efektif, dan tentunya aman.

Jerawat sendiri pada dasarnya terjadi karena tiga faktor, yaitu sebagai berikut:

  • Kulit mati yang menumpuk dan menyumbat pori-pori
  • Produksi sebum (minyak jerawat) yang over atau berlebihan
  • Bakteri Propionibacterium Acnes

Jerawat juga memiliki beberapa jenis. Misalnya saja blackheads, whiteheads, papula, dan lainnya lagi. Nah, IPL treatment acne dikatakan ampuh dalam mengatasi beberapa di antaranya, yaitu blackheads, whiteheads, dan juga jenis dari jerawat ringan yang lainnya.

Cara kerja dari IPL untuk jerawat ini adalah dengan mengeringkan jerawat yang ada di wajah, membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat, serta mengobati peradangannya.

Tidak hanya itu, IPL juga sangat efektif untuk pencegahan munculnya jerawat karena dapat mengecilkan ukuran dari kelenjar minyak. Dengan kelenjar minyak yang mengecil, tentunya pori-pori di kulit juga tidak akan tersumbat oleh kulit mati. Probabilitas untuk munculnya jerawat pun akhirnya juga mengecil. Begitulah fungsi IPL untuk perawatan kulit berjerawat.

Lantas, bagaimana prosedur yang harus dilakukan untuk IPL treatment acne ini? Berapa biaya yang harus dikeluarkan, apakah murah atau mahal? Selain itu, bagaimana kondisi wajah pasca perawatan IPL acne? Semua pertanyaan tersebut akan dijawab pada ulasan di bawah.

Prosedur Melakukan Treatment IPL Acne

Prosedur yang harus dilakukan selama treatment satu ini pada dasarnya hampir sama dengan perawatan umumnya. Berikut adalah beberapa langkahnya:

1. Area Wajah Dibersihkan

Pertama, area wajah akan dibersihkan. Tentunya ini merupakan langkah yang selalu dilakukan di treatment apapun. Wajah yang bersih adalah keharusan untuk efektivitas proses perawatan.

2. Pemberian Gel Dingin

Setelah wajah yang dibersihkan sudah dalam keadaan yang kering, maka langkah selanjutnya adalah pemberian gel dingin.

3. Pemberian Penutup Mata

Prosedur berikutnya adalah pemberian penutup mata. Penutup ini akan dipasangkan di mata agar tidak terkena sinar dari IPL.

4. Sinar IPL yang Ditembakkan

Prosedur akhirnya adalah penembakkan dari sinar IPL dengan alat khusus. Sensasi yang dirasakan adalah rasa hangat dan juga sedikit ‘celekit-celekit’. Dalam beberapa kasus kulit yang sangat sensitif, dokter akan memberikan anestesi sehingga tidak terasa perih dan menusuk.

Apa yang Terjadi Pasca IPL Treatment?

Setelah prosedur yang biasanya berlangsung sekitar setengah jam, maka kulit akan terlihat sedikit memerah pada awalnya. Kulit juga dapat menjadi sensitive oleh paparan sinar matahari.

Untuk mengatasi hal ini, maka yang harus Anda lakukan adalah rajin mengompres air dingin untuk wajah. Terutama setelah beberapa hari sejak treatment, apabila dirasa kulit menjadi sensitif seperti yang sudah disebutkan.

Ada beberapa hal yang perlu dihindari pasca perawatan satu ini, yaitu:

  • Peeling
  • Terpapar matahari langsung secara berlebihan
  • Waxing
  • Menggunakan krim yang memiliki kandungan asam glikolat atau retinol

IPL treatment acne hadir dengan berbagai macam keunggulan yang diusungnya. Dikatakan efektif, perawatan IPL memang cukup ampuh untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, termasuk salah satunya adalah dalam menangani masalah jerawat.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Artikel Terkait