Jenis, Prosedur hingga Manfaat Chemical Peeling

manfaat-chemical-peeling-eterniskin

Prosedur perawatan wajah dilakukan untuk memperbaiki tekstur dan menghindarkannya dari berbagai masalah kulit. Manfaat chemical peeling bisa dirasakan dalam kurun waktu yang beragam, tergantung dari kondisi kulit.

Chemical peeling adalah prosedur pengelupasan kulit yang dilakukan dengan menggunakan larutan kimia. Penerapan dilakukan dengan cara mengoleskan cairan ke bagian permukaan kulit yang fungsinya untuk mengangkat lapisan terluarnya. Treatment ini mampu mempercepat pertumbuhan sel kulit baru.

Jadi mampu membuat tekstur kulit menjadi lebih halus dan memiliki warna yang merata. Jenis perawatan ini cocok sekali untuk kulit berjerawat. Sebelum melakukan treatment, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mengetahui kondisi kulit agar penanganan lebih efektif.

Jenis Chemical Peeling

Pertanyaan tentang treatment kecantikan sering diajukan seperti apa manfaat chemical peeling. Setiap perawatan wajah yang dilakukan tentu memiliki dampak berbeda bagi kulit. Prosedur perawatan perlu dilakukan secara berkala untuk menuntaskan berbagai masalah kulit.

Namun, sebelum itu ketahui terlebih dahulu jenis-jenis treatment chemical peeling untuk dapat memilihnya sesuai dengan masalah kulit yang dialami.

1. Light Peeling

Prosedur ini termasuk dalam tahapan ringan yang berfokus terhadap lapisan kulit bagian terluar atau epidermis. Khasiatnya adalah untuk mengatasi garis halus, menyamarkan perbedaan warna kulit, mengatasi keriput, dan menyamarkan bekas jerawat.

2. Medium Peeling

Target treatment ini adalah kulit bagian dalam, yaitu dari epidermis hingga dermis. Prosedur perawatan ini dapat memberikan manfaat dalam meratakan kulit wajah yang tidak sama hingga mengatasi kerutan.

3. Deep Peeling

Jenis treatment ini mampu diterapkan untuk mengeksfoliasi bagian lapisan kulit terdalam. Manfaatnya dapat menyamarkan jaringan parut maupun bekas luka.

Apa yang Perlu Dilakukan Sebelum Chemical Peeling?

Tidak hanya perlu memahami jenis dan manfaat chemical peeling saja. Namun, beberapa hal yang dibutuhkan sebelum melakukan treatment juga harus diketahui agar dapat melakukan persiapan dengan baik.

Dokter akan melakukan beberapa tindakan sebelum prosedur chemical peeling dilakukan. Berikut penjelasannya.

1. Konsultasi

Sebelum menjalani perawatan kecantikan, dokter dan pasien akan berkonsultasi terlebih dahulu. Proses ini dilakukan agar dokter dapat memahami masalah dan tujuan yang diinginkan oleh pasien.

Melalui tahapan ini, dokter dapat menentukan jenis perawatan yang tepat dan menjelaskan seperti apa prosedurnya. Hasil yang dapat diberikan juga akan diinformasikan sehingga Anda dapat memahaminya dengan baik.

2. Pemeriksaan Fisik

Setelah berkonsultasi, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada kondisi kulit pasien dan menentukan area kulit mana yang harus ditangani dengan prosedur perawatan.

Pemeriksaan fisik mampu memberikan informasi kepada dokter terkait warna dan ketebalan kulit pasien sehingga jenis chemical peeling yang dipilih dapat sesuai.

3. Pemeriksaan Riwayat Kesehatan

Selain pemeriksaan fisik, dokter juga akan melihat riwayat kesehatan pasien. Pertanyaan tentang jenis penyakit yang pernah diderita pasien atau riwayat penyakit turunan yang mungkin dimiliki akan ditanyakan. Selain itu, dokter juga akan mengecek riwayat konsumsi obat pasien.

4. Persiapan Lanjutan

Agar manfaat chemical peeling bisa didapatkan secara maksimal, beberapa persiapan lainnya seperti memeriksa penggunaan produk skincare yang digunakan dan menghindari paparan sinar matahari langsung perlu dilakukan.

Selain itu, chemical peeling tidak dilakukan bersamaan dengan prosedur lainnya seperti masker wajah, scrub wajah, atau waxing. Untuk pasien yang memiliki riwayat penyakit kulit, akan diberikan obat antivirus untuk mencegah infeksi.

Prosedur Chemical Peeling

Chemical peeling disebut juga dengan pengelupasan kimia yang digunakan sebagai perawatan kecantikan pada wajah, leher, dan tangan. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit agar terlihat lebih bersih.

Dalam prosedurnya, larutan kimia khusus akan dioleskan ke bagian yang mengalami masalah. Sebelum menjalankan prosedur, dokter akan menentukan bagian yang akan di peeling. Treatment ini akan membuat kulit terkelupas dan mengangkat semua sel kulit mati.

Chemical peeling bisa dilakukan pada kulit yang mengalami masalah seperti bekas jerawat, muncul kerutan, dan lain sebagainya. Dokter kulit akan melakukan pemeriksaan secara mendetail untuk dapat menentukan prosedur perawatan wajah yang sesuai agar dapat memberikan hasil memuaskan.

Manfaat Chemical Peeling untuk Kulit Wajah

Pengelupasan lapisan kulit melalui prosedur chemical peeling dapat memberikan beragam manfaat. Perubahan kondisi kulit dapat dirasakan pada waktu yang bisa dikatakan cukup singkat. Namun, tergantung dari masalah kulit yang dialami. Inilah beberapa manfaat dari treatment chemical peeling:

1. Meremajakan Kulit

Chemical peeling dapat menjadi salah satu prosedur yang bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit mati. Kinerja treatment yang mampu mengangkat lapisan kulit luar membuat proses regenerasi kulit baru dapat terjadi secara lebih cepat.

Hal ini dapat mendukung proses peremajaan kulit sehingga terlihat lebih sehat. Tanda penuaan pun tidak akan mudah muncul sehingga kulit wajah dapat terlihat lebih fresh.

2. Mengurangi Noda Bekas Jerawat

Manfaat chemical peeling wajah dapat menghilangkan bekas jerawat secara optimal. Noda bekas jerawat yang memudar akan membuat kulit menjadi lebih bersih.

Chemical peeling dapat membuka pori-pori kulit sehingga efektif untuk menuntaskan masalah wajah seperti noda akibat bekas jerawat.

Treatment rutin membuat kulit terlihat lebih terawat karena dibersihkan secara berkala. Tidak ada lagi penumpukan kotoran yang mampu memicu masalah gangguan kulit.

3. Mencerahkan Kulit

Kulit kusam menjadi masalah yang sering terjadi. Hal ini bisa dikatakan cukup mengganggu karena membuat kepercayaan diri menjadi berkurang. Apabila mengalami kulit kusam, sebaiknya Anda melakukan chemical peeling untuk mencerahkan kulit.

Prosedur perawatan ini dapat membuat kulit terasa lebih lembut dan terhindar dari noda hitam akibat sinar matahari. Proses regenerasi kulit juga dapat dilakukan secara cepat sehingga efektif untuk mencerahkan wajah.

4. Mengurangi Tanda Penuaan

Treatment deep chemical peeling dapat dipilih untuk mengatasi masalah tanda penuaan sehingga kerutan dapat berkurang dan kulit dapat lebih elastis.

Manfaat chemical peeling dapat terlihat jika dilakukan secara rutin. Garis halus akan tampak memudar sehingga wajah terlihat awet muda.

Setelah melakukan treatment secara rutin, Anda bisa melihat kondisi kulit yang lebih kenyal dan kerutan tersamarkan. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya ketika beraktivitas keluar rumah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5. Membersihkan Pori-Pori

Akibat berbagai hal, pori-pori dapat mengalami penyumbatan sehingga memicu berbagai masalah kulit, seperti jerawat. Agar bagian pori-pori dapat dibersihkan secara maksimal, Anda perlu melakukan chemical peeling dengan rutin.

Tidak hanya untuk mengobati jerawat, namun chemical peeling juga bisa dilakukan sebagai metode pencegahan. Apalagi untuk Anda yang rentan mengalami jerawat, treatment ini sangat dianjurkan untuk dilakukan setidaknya satu bulan sekali.

6. Menghilangkan Komedo

Fungsi chemical peeling dapat menghindarkan kulit dari penyumbatan sehingga dapat secara efektif mencegah terbentuknya komedo.

Dengan begitu, kulit wajah menjadi lebih bersih. Walaupun tidak berbahaya, namun komedo dapat merusak penampilan sehingga perlu segera diatasi.

Apabila ingin merasakan manfaat Chemical Peeling secara langsung, kunjungi klinik kecantikan Eterniskin. Anda bisa langsung berkonsultasi dengan tim handal untuk dapat menentukan perawatan yang tepat sesuai kebutuhan kulit. Kepercayaan diri tentu akan semakin tinggi jika memiliki kulit sehat.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait