Hindari 5 Hal Ini Sebelum Melakukan Treatment IPL Acne

treatment-ipl-acne-eterniskin

Jerawat yang muncul di wajah maupun bagian tubuh lainnya memang sangat mengganggu. Sebagian orang akan merasa tidak percaya diri dengan tampilannya karena adanya jerawat tersebut. Tetapi, tahukah Anda jerawat mudah dihilangkan dengan menggunakan treatment IPL acne?

Treatment IPL acne adalah salah satu cara yang bisa menghilangkan jerawat. Tidak jarang orang-orang banyak yang menggunakan treatment ini karena sangat efektif untuk mengatasi permasalahan jerawat yang membandel. 

Akan tetapi, Anda tetap harus memperhatikan hal-hal yang perlu dihindari sehingga wajah tanpa jerawat bisa dirasakan dalam jangka waktu yang lama. Apakah Anda sudah mengetahui apa itu IPL treatment? Jika belum maka bisa membaca penjelasan di bawah ini. 

Apa Itu Treatment IPL Acne?

Treatment IPL Acne

IPL adalah singkatan dari intense pulsed light. Treatment yang dilakukan dengan menggunakan cahaya lampu xenon yang akan menerapi kulit dalam perawatannya. Berbagai macam masalah kulit bisa diatas dengan menggunakan gelombang intensitas tinggi. 

Contohnya saja untuk beberapa permasalahan kulit yang bisa diperbaiki dengan treatment ini, yaitu:

  • Kerutan dan garis wajah
  • Noda hitam tanda penuaan
  • Masalah jerawat
  • Bekas luka, serta
  • Merontokkan bulu

Biasanya orang akan menganggap bahwa treatment ini adalah terapi laser namun tentu saja kedua prosedur tersebut berbeda. IPL treatment ini dapat menggunakan berbagai macam gelombang cahaya dengan target area yang lebih besar. 

Berbicara mengenai efek sampingnya tentu saja akan lebih ringan dan sedikit dibandingkan dengan terapi laser. Meskipun untuk terapi laser ini akan bekerja menggunakan satu gelombang saja.  

Bagaimana Cara Kerja IPL Acne?

Treatment IPL Acne

IPL Acne menggunakan cahaya dengan panjang gelombang tertentu yang ditargetkan pada kelenjar minyak di kulit. Cahaya ini membantu:

  • Membunuh bakteri penyebab jerawat (P. acnes)
  • Mengurangi produksi minyak berlebih
  • Mengurangi peradangan dan kemerahan
  • Mempercepat penyembuhan jerawat
  • Merangsang produksi kolagen untuk membantu memudarkan bekas jerawat

Manfaat Treatment IPL Acne

Treatment IPL Acne

Pengguna treatment IPL tentu saja akan melihat manfaat dari treatment ini sendiri sebelum menggunakannya. Untuk mengatasi permasalahan jerawat secara alami memang bisa menggunakan obat penghilang jerawat. Nah, apa saja yang bisa dirasakan jika menggunakan perawatan ini? 

  • Mengeringkan Jerawat

Untuk perawatan ini ternyata mampu mengeringkan jerawat yang tumbuh di bagian wajah. Memang mengobati jerawat menggunakan treatment ini bisa dirasa sangat efektif bahkan sangat sedikit efek samping yang akan dirasakan. 

IPL sendiri mampu mengeringkan jerawat dengan cepat. Pastinya akan membuat wajah terasa tidak sakit meskipun terdapat jerawat pada wajah Anda. Hal ini disebabkan untuk bakteri yang menyebabkan jerawat mampu dibunuh dengan cepat dan tanpa adanya peradangan. 

  • Mengurangi Kemerahan Kulit Akibat Jerawat

Karena bakteri pada jerawat dibunuh oleh kandungan yang terdapat pada IPL treatment ini maka kemerahan yang terdapat pada sekitar area yang berjerawat akan menghilang. Peradangan bisa segera diatasi jika memang sudah terjadi sebelumnya. 

Penelitian sudah membuktikan bahwa jerawat dan bekas jerawat mampu diatasi dengan perawatan ini. Kulit akan bersih dari jerawat setelah melakukan perawatan yang sangat menjanjikan ini. 

  • Mengecilkan Kelenjar Keringat

Selain manfaat di atas, masih ada manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan yaitu kelenjar keringat yang mengecil. Saat ukuran kelenjar keringat mengecil pada wajah maupun tubuh Anda tentu saja produksi sebum pada kulit juga akan berkurang. 

Pori=pori yang dimiliki tidak akan tersumbat oleh adanya sel kulit mati yang menumpuk. Salah satu penyebab jerawat adalah minyak yang berlebih sehingga kulit tersumbat dan bisa menimbulkan jerawat. 

  • Mengatasi Blackheads, Whiteheads, dan Lainnya

Treatment IPL Acne ini memang dilakukan dengan menggunakan cahaya ultraviolet dan lainnya. Cahaya yang digunakan tersebut juga bisa digunakan untuk mengatasi adanya blackheads, whiteheads, dan jenis jerawat yang ringan. 

Sayangnya, Anda tidak bisa menggunakan treatment ini untuk bisa mengatasi jerawat kistik atau nodul. Perawatan yang dilakukan agar bisa terhindar dari jerawat memang cukup beragam. 

  • Mengatasi Permasalahan Kulit Lainnya

Siapa sangka saat Anda melakukan perawatan ini maka berbagai macam permasalahan kulit wajah juga akan berkurang. Tentu saja untuk kulit Anda juga akan memiliki warna yang lebih rata karena pigmen kulit sudah diperbaiki melalui bantuan sinar atau cahaya yang digunakan. 

Bahkan jika Anda menggunakan treatment ini pada bagian tubuh lain maka bisa mengatasi beberapa permasalahan kulit, seperti:

  • Tanda lahir. 
  • Hiperpigmentasi seperti penuaan, bintik-bintik, maupun bintik-bintik hati. 
  • Melasma yaitu adanya bercak-bercak putih berwarna abu-abu atau coklat. 
  • Adanya bekas luka yang tidak kunjung hilang. 
  • Stretch mark dan garis-garis halus pada permukaan kulit

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Treatment IPL Acne

Treatment IPL Acne

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit bebas jerawat? Dengan perawatan yang tepat maka jerawat bisa sembuh dan bahkan tidak muncul lagi. Jika ingin melakukan treatment di pusat kecantikan maka bisa melakukan beberapa hal ini sebelum dilakukannya IPL treatment acne, yaitu:

  • Pemeriksaan kulit terlebih dahulu oleh dokter spesialis kulit untuk mengetahui kondisi kulit yang Anda dimiliki dan merekomendasikan perawatan IPL Acne ini. 
  • Menghindari aktivitas tertentu yang membuat kulit berjerawat semakin parah. 
  • Menghindari menggunakan make up yang terlalu berat karena bisa menyumbat pori-pori kulit wajah. 
  • Pada kondisi khusus maka biasanya dokter menganjurkan pasien untuk tidak mengonsumsi obat-obatan tertentu. 
  • Hindari cahaya matahari langsung dan selalu gunakan sunscreen saat beraktivitas pada siang hari. 

Untuk hal-hal tersebut tentunya harus dilakukan selama 2 minggu atau bahkan bisa lebih. Oleh sebab itu, sangat disarankan jika Anda akan melakukan treatment ini harus dibawah pengawasan dari dokter yang sudah terbiasa dengan permasalahan banyak kulit. 

Prosedur Perawatan Treatment IPL Acne

Treatment

Dalam perawatan IPL maka akan menggunakan energi cahaya yang mampu diserap pada sel target. Sel yang disinar memang sudah ditargetkan untuk bisa diatasi dengan treatment ini. Untuk energi cahaya tersebut maka akan diubah menjadi energi panas dan membuat kerusakan pada area tersebut. 

Untuk treatment ini akan membuat gelombang yang lebih banyak lagi pada saat mengeluarkan cahaya meski sekali saja. Keluaran dari energi ini akan diperbaiki menggunakan filter yang berbeda dengan terapi laser karena memang kedua treatment ini dianggap sama. 

Tujuan dari cahaya treatment IPL ini adalah untuk membantu penyerapan yang lebih baik meskipun energi yang dikeluarkan tidak berlebih. Target komponen kulit yang dimaksudkan untuk menyerap cahaya tersebut bisa tepat sasaran dan tidak meleset. 

Hasil Perawatan Treatment IPL Acne

Acne

Prosedur untuk melakukan treatment ini sebenarnya cukup cepat karena hanya membutuhkan waktu 20 sampai dengan 30 menit saja. Akan tetapi, lamanya treatment akan disesuaikan dengan besarnya daerah yang dirasa bermasalah. 

Hasil yang lebih optimal akan didapatkan jika Anda sudah melakukan perawatan ini sekitar 3 – 6 kali. Oleh sebab itu, saat hanya melakukan perawatan hanya 1 – 2 kali saja maka hasilnya kurang optimal untuk dirasakan. 

Pada saat melakukan perawatan pertama kali maka Anda akan mendapatkan hasil yang cukup signifikan. Akan tetapi, proses peremajaan kulit hanya bisa dirasakan jika sudah beberapa kali melakukan proses ini. Butuh kesabaran dan keuletan jika ingin mendapatkan hasil yang optimal. 

Dengan melakukan treatment IPL Acne ini maka Anda bisa merasakan berbagai macam manfaatnya. Namun, tentu saja sebelum melakukan perawatan ini ada pantangan yang harus dihindari sehingga bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal. 

Siapa yang Cocok untuk IPL Acne?

IPL Acne cocok untuk orang yang memiliki jerawat ringan, sedang, atau berat. Perawatan ini juga dapat membantu memudarkan bekas jerawat dan meratakan warna kulit.

Siapa yang Tidak Cocok untuk IPL Acne?

IPL Acne tidak cocok untuk orang yang:

  • Memiliki kulit yang sangat gelap
  • Memiliki riwayat keloid
  • Hamil atau menyusui
  • Memiliki kondisi medis tertentu, seperti fotosensitifitas

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Reference: 

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait