8 Cara Mudah Memperkecil Pori-Pori Wajah Secara Alami

cara-memperkecil-pori-pori-eterniskin

Pori wajah kecil merupakan tren kecantikan asal Negeri Ginseng yang sedang menjamur hingga ke berbagai negara termasuk Indonesia. Banyak orang terutama kaum hawa ingin kulit wajah dengan pori kecil. Lantas, sebenarnya bagaimana cara memperkecil pori-pori wajah secara alami dan aman?

Keberadaan pori-pori di kulit sebenarnya merupakan hal wajar bahkan bermanfaat. Pori-pori berfungsi untuk melepaskan sebum sehingga kulit tetap terjaga kelembabannya setiap hari. Pori-pori juga merupakan tempat rambut tumbuh di kulit.

Ukuran pori-pori kulit pada setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang pori-pori kulitnya cukup besar sehingga tampak jelas meskipun dilihat dari jauh. Sementara sebagian orang lainnya memiliki pori-pori berukuran kecil. Sebenarnya ada cara mudah untuk mengecilkan ukuran pori-pori.

8 Cara Memperkecil Pori-Pori Wajah

Saat ini sudah banyak merk skincare yang merilis produk perawatan kulit untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Namun, selain menggunakan produk perawatan kecantikan, sebenarnya ada beberapa cara memperkecil pori-pori wajah secara alami yang bisa Anda lakukan sebagai berikut:

1. Rutin Membersihkan Wajah dengan Double Cleansing

Tips mengecilkan pori-pori yang utama dan pertama tentu saja dengan rajin membersihkan wajah. Tips satu ini sebenarnya tidak hanya berguna untuk membersihkan wajah namun juga merawat kesehatan kulit wajah secara umum. 

Wajah merupakan bagian dari tubuh yang paling rentan terpapar debu dan kotoran. Terutama jika Anda beraktivitas di luar ruangan seharian. 

Debu dan kotoran bisa menyebabkan pori-pori pada kulit tersumbat dan menyebabkan iritasi sehingga pori-pori pun membesar. Sebaiknya cuci muka dua kali sehari yakni pagi saat mandi dan malam hari sebelum tidur.

Lakukan double cleansing pada wajah agar kotoran benar-benar terangkat. Pertama gunakan pembersih oil based seperti milk cleanser atau micellar water. Selanjutnya gunakan facial wash atau facial foam untuk menyempurnakan pembersihan.

2. Mengoleskan Es Batu

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan es batu termasuk cara paling sederhana dan murah untuk dikerjakan. Setelah membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka, Anda bisa mencoba mengoleskan es batu di kulit. Es yang dingin mempunyai efek untuk mengencangkan kulit. 

Jika kulit kencang maka pori-pori besar pun akan mengecil. Mengoleskan es yang dingin ke wajah juga merupakan trik merias wajah yang banyak diaplikasikan oleh makeup artist profesional. Selain berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, es batu juga bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah di wajah.

3. Selalu Menggunakan Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen wajib digunakan terutama jika Anda akan beraktivitas di luar ruangan pada waktu pagi hingga sore hari. Sinar matahari mengandung ultraviolet atau UV A dan UV B yang dapat merusak kesehatan kulit. 

Bahkan, kulit yang terpapar sinar ultraviolet secara terus menerus bisa menyebabkan elastisitas kulit menurun. Alhasil, pori-pori pada kulit wajah pun akan membesar. 

Oleh karena itu, untuk mencegah pori-pori kulit wajah membesar, disarankan untuk selalu memakai tabir surya yang mengandung PA++ dan SPF minimal SPF 30. Jangan lupa untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap beberapa jam sekali.

4. Menggunakan Masker Putih Telur

Cara memperkecil pori-pori wajah secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan masker putih telur. Masker dari putih telur dapat mengencangkan kulit dan menarik pori-pori kulit. Selain untuk mengecilkan ukuran pori-pori, masker dari putih telur juga berfungsi untuk menghilangkan minyak berlebih. 

Masker sederhana ini bisa Anda buat menggunakan bahan putih telur yang sudah dipisahkan dari kuning telurnya. Aduk putih telur hingga sedikit berbusa. Oleskan putih telur ke seluruh wajah hingga merata kemudian tempelkan tisu. 

Putih telur yang mengering akan bertindak seperti lem yang menarik kulit. Jika sudah benar-benar kering, tarik kertas tisu dari wajah kemudian bilas wajah menggunakan air.

5. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Bernutrisi

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat tidak hanya dari luar namun juga dari dalam. Tidak cukup jika kita hanya berfokus pada perawatan kulit wajah tanpa memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi tubuh. 

Anda disarankan untuk rutin mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang. Selain itu hindari juga konsumsi makanan tinggi gula. 

Makanan tinggi gula akan menyebabkan kadar insulin dalam tubuh meningkat. Kadar insulin yang meningkat dapat merangsang produksi sebum berlebih yang menyebabkan pori-pori kulit tertutup.

6. Menggunakan Masker Madu

Memakai madu adalah salah satu cara memperkecil pori-pori wajah secara alami yang banyak disarankan. Madu sejak lama dikenal memiliki manfaat yang sangat baik bagi kecantikan kulit. Madu kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah serangan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. 

Gunakan madu sebagai masker dengan mengoleskan satu sendok madu tipis-tipis di wajah. Diamkan 10 menit kemudian bilas wajah dengan air dingin.

7. Menggunakan Masker Oatmeal

Gunakan masker oatmeal yang memiliki manfaat eksfoliasi kulit wajah secara alami. Oatmeal memiliki keunggulan dibanding bahan eksfoliasi lain karena tidak mengiritasi kulit wajah. Anda cukup mencampurkan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan minyak zaitun, 3 sendok makan yogurt.

 Selanjutnya oleskan campuran masker ini di kulit wajah dan biarkan 15 menit. Bilas sambil menggosok wajah dengan perlahan menggunakan masker.

8. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Pastikan Anda mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap hari. Konsumsi air putih yang cukup merupakan cara memperkecil pori-pori wajah secara alami yang menyehatkan. 

Cairan yang cukup sangat penting untuk memastikan kulit tetap terhidrasi dari dalam. Apabila kulit sudah terhidrasi dari dalam, maka pori-pori kulit tidak akan membesar.

Penyebab Pori-Pori Wajah Membesar 

Pori-pori pada wajah bisa membesar karena dua faktor utama yakni faktor internal dan faktor eksternal sebagai berikut.

1. Faktor Hormon

Faktor hormon merupakan faktor internal yang berpengaruh terhadap pori-pori pada kulit wajah. Perubahan hormon dan ketidakstabilan kadar hormon saat menstruasi atau kehamilan bisa menyebabkan ukuran pori-pori membesar.

2. Terkena Paparan Sinar Ultraviolet

Paparan sinar UV dari matahari bisa menyebabkan berbagai dampak negatif pada kulit. Sinar UV bisa menimbulkan hiperpigmentasi, penuaan dini hingga pembesaran pada pori-pori. 

Sinar UV akan memperlambat pembentukan kolagen serta zat elastin kulit. Kurangnya kadar protein pada kulit akan menurunkan kekenyalan kulit dan menyebabkan pori-pori membesar. Oleh karena itu cara memperkecil pori-pori wajah secara alami adalah dengan menggunakan tabir surya.

3. Menggosok Wajah dengan Kasar

Wajah kita tidak akan lebih bersih ketika digosok terlalu kasar. Banyak orang memperlakukan kulit wajah seperti permukaan baju yang apabila disikat dengan benda kasar akan lebih bersih. Padahal, menggosok wajah terlalu kasar justru bisa menyebabkan pori-pori membesar dan rentan tumbuh jerawat.

Ikuti cara memperkecil pori-pori wajah secara alami yang sudah dijelaskan di atas agar pori-pori pada kulit mengecil. Pori-pori wajah yang kecil akan mencegah timbulnya jerawat ataupun minyak berlebih. Namun, selain mengecilkan pori-pori, menjaga kebersihan kulit adalah hal penting yang wajib diperhatikan.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Artikel Terkait