6 Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Paling Efektif

cara menghilangkan jerawat pasir

Munculnya jerawat pasir yang jumlahnya cukup banyak di area wajah bisa membuat tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Itulah mengapa diperlukan informasi yang tepat terkait cara menghilangkan jerawat pasir agar tidak semakin menyebar.

Meskipun jerawat pasir memiliki ukuran yang cukup kecil namun tetap saja hal itu akan membuat tidak nyaman. 

Pasalnya jenis jerawat ini bisa muncul dalam jumlah yang cukup banyak dan bahkan merata di beberapa area wajah jika tidak ditangani dengan tepat.

Jerawat pasir sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor sehingga untuk mencegah kemunculannya perlu menghindari faktor penyebabnya. 

Seperti penggunaan kosmetik yang berat atau memiliki kandungan minyak yang tinggi. Untuk mendapatkan informasi yang lengkap, simak ulasan berikut.

Penjelasan Singkat tentang Jerawat Pasir

cara menghilangkan jerawat pasir

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada dasarnya jerawat pasir memiliki ukuran yang cukup kecil. 

Namun sayangnya jenis jerawat ini jumlahnya cukup banyak dan bisa menyebar ke beberapa area wajah seperti dagu, dahi dan pipi.

Jerawat pasir biasanya terbentuk dari whitehead atau komedo putih dan bentuknya bisa menyerupai papula atau biang keringat. 

Jika selama ini Anda mengenal istilah bruntusan, maka itulah jenis jerawat pasir yang dimaksud.

Jerawat pasir bisa disebabkan banyak faktor. Diantaranya adalah kulit yang berminyak, banyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak dan gula yang tinggi, masa pubertas, kehamilan, menstruasi atau pemilih produk pelembab yang kurang tepat.

Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

cara menghilangkan jerawat pasir

Perlu diketahui bahwa jerawat pasir biasanya muncul di area pipi dan dahi karena area tersebut memproduksi minyak yang lebih banyak dibandingkan area lainnya di wajah. 

Bagian dahi juga lebih rentan mengalami jerawat pasir karena terpapar minyak dari rambut.

Untuk menghilangkan jerawat pasir, Anda bisa mencoba beberapa cara mudah di bawah ini:

  • Rutin Mencuci Wajah 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat pasir adalah dengan rutin mencuci muka menggunakan produk pembersih wajah atau sabun cuci muka yang lembut. 

Hindari penggunaan produk scrub yang keras karena akan menyebabkan efek peradangan yang lebih parah.

  • Hindari Kebiasaan Memencet Jerawat Pasir

Cara menghilangkan jerawat pasir di wajah berikutnya yang bisa dicoba adalah menghindari kebiasaan memencet jerawat. 

Meskipun kondisi jerawat sepertinya perlu dipencet untuk mengeluarkan komedo yang terperangkap, namun hal itu hanya akan memicu peradangan yang lebih parah dan bahkan infeksi.

  • Menggunakan Produk Perawatan untuk Jerawat

Selain rajin cuci muka dengan produk yang tepat, Anda juga bisa menggunakan produk perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat yang dijual bebas. 

Sebaiknya pilih produk perawatan yang memiliki kandungan asam salisilat, tea tree oil atau benzoyl peroxide.

Ketiga bahan tersebut diketahui cukup efektif untuk melawan jerawat pasir karena mampu membersihkan pori-pori dan mengatasi peradangan. 

Namun harus diingat untuk menggunakan produk perawatan sesuai dosis dan petunjuk pemakaian agar hasilnya optimal.

  • Hindari Produk Kosmetik yang Berat

Cara ampuh untuk menghilangkan jerawat pasir selanjutnya adalah dengan menghindari penggunaan produk kosmetik yang berat dan mengandung minyak. 

Karena produk tersebut akan menyumbat pori-pori dan membuat kondisi jerawat pasir semakin buruk.

Produk kosmetik yang dianjurkan adalah yang ringan dan non komedogenik. Selain itu, gunakan produk dengan kandungan SPF agar kulit terlindung dari paparan sinar UV.

  • Menerapkan Pola Makan dan Gaya Hidup yang Sehat

Tahukah Anda jika pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat akan berpengaruh pada kesehatan kulit, termasuk memicu munculnya jerawat pasir? Salah satu cara menghilangkan jerawat pasir secara alami adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah, serta sumber protein yang tepat.

Selain cara alami untuk menghilangkan jerawat pasir diatas, hindari pula jenis makanan yang mengandung banyak lemak karena akan memicu munculnya jerawat.

Pastikan untuk memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, menjaga kebersihan dan kesehatan kulit serta mengelola stress dengan baik.

  • Konsultasi dengan Dokter Kulit

Salah satu cara menghilangkan jerawat pasir dengan cepat adalah konsultasi dengan dokter kulit. Langkah ini bisa dijadikan solusi terbaik bagi Anda yang mengalami jerawat pasir dengan kondisi yang tidak kunjung membaik. 

Biasanya dokter akan memberikan diagnosis serta resep obat yang paling tepat untuk mengatasi jerawat pasir yang dikeluhkan. 

Beberapa jenis obat yang sering diresepkan antara lain adalah retinoid yang berfungsi untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori akibat sel kulit mati, sebum dan bakteri.

Cara efektif menghilangkan jerawat pasir juga bisa dengan asam salisilat yang memiliki sifat antibakteri sehingga efektif untuk membasmi bakteri sekaligus mengurangi minyak berlebih. 

Selain itu juga berupa antibiotik oral untuk mengatasi infeksi bakteri, suntik jerawat hingga terapi laser jerawat dan chemical peels.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, maka produk pengobatan tersebut harus digunakan sesuai petunjuk atau anjuran dokter. 

Cara menghilangkan jerawat pasir bisa dengan rajin mencuci wajah dan menghindari kosmetik berat. Agar jerawat cepat hilang, diperlukan perawatan yang tepat. 

Cek artikel berikut ini untuk penjelasan Tips Perawatan Jerawat dan perawatan kecantikan yang Efektif dan Aman dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

 

Reference: 

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait