10+ Cara Alami & Ampuh Menghilangkan Flek Hitam

10+ Cara Alami & Ampuh Menghilangkan Flek Hitam

Memiliki wajah mulus, bersih, dan mempesona merupakan impian setiap wanita. Namun sayangnya, ada saja masalah kulit yang membuat penampilan kurang menarik seperti munculnya flek hitam. Bagaimana cara menghilangkan flek hitam? Anda bisa menggunakan alternatif medis atau bahan alami berkhasiat.

Pada umumnya flek hitam muncul disebabkan karena paparan sinar matahari dan faktor gen. Penanganan flek hitam karena faktor gen jauh lebih sulit, dibandingkan dengan faktor lainnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, kini sudah banyak perawatan medis yang bisa digunakan untuk mengatasinya. Ada juga cara alami menghilangkan flek hitam, meskipun membutuhkan waktu lebih lama.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas apa saja cara menghilangkan flek hitam, baik melalui perawatan kulit atau dengan cara alami.

Baca Juga: Apa Itu Flek Hitam? Ini Penyebab dan Perawatannya

Cara Menghilangkan Flek Hitam Melalui Perawatan Kulit

Apakah flek hitam di wajah bisa hilang? Cara efektif menghilangkan flek hitam kulit secara singkat bisa menggunakan metode perawatan medis.

Ada berbagai jenis perawatan kulit yang bisa memudarkan flek hitam pada wajah. Namun tiap perawatan memiliki caranya dan risikonya masing-masing. Berikut beberapa di antaranya:

1. Chemical Peeling

Perawatan kecantikan dengan chemical peeling tampaknya cukup diminati oleh kalangan wanita saat ini. Chemical peeling menggunakan bahan-bahan kimia seperti azelaic acid, hydroxy acid (AHA), beta hydroxy acid (BHA), salicylic acid, dan berbagai cairan asam lainnya.

Cairan asam akan membantu eksfoliasi wajah dengan mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kulit akan terlihat bersih, cerah, dan bercahaya.

Namun, perlu Anda ketahui chemical peeling bisa menimbulkan efek samping iritasi kulit. Oleh karenanya, disarankan untuk membatasi penggunaan metode ini dan pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

2. Mikrodermabrasi

Cara menghilangkan flek hitam selanjutnya bisa menggunakan metode mikrodermabrasi. Perawatan wajah ini menggunakan butiran kristal halus dan vakum khusus untuk mengangkat sel kulit mati.

Tidak hanya efektif mengatasi flek hitam, namun mikrodermabrasi bisa atasi masalah kulit lainnya, seperti garis halus, kerutan, dan noda bekas jerawat yang sulit hilang.

Saat menggunakan perawatan mikrodermabrasi, biasanya wajah Anda akan kemerahan akibat bergesekan dengan kristal halus berkali-kali.

3. Perawatan Laser

Metode perawatan laser tampaknya sudah banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Metode laser sudah muncul sejak lama dan terbukti efektif mampu memudarkan flek hitam di wajah.

Tim dokter akan menggunakan sinar laser untuk menyinari flek hitam pada bagian kulit tertentu. Dengan penyinaran selama beberapa menit, laser akan bekerja dengan cara mengurangi lapisan kulit flek hitam.

Jika perawatan laser dilakukan secara rutin, Anda bisa mendapatkan kondisi wajah bersih tanpa ada noda hitam sedikitpun. Tertarik mencobanya?

4. Cryotherapy

Cara cepat menghilangkan flek hitam bisa dilakukan dengan metode cryotherapy. Banyak orang menyebutnya dengan istilah “Terapi Dingin”, sehingga cukup banyak disukai.

Prosedur cryotherapy dilakukan dengan mencelupkan kapas ke nitrogen cair dingin, lalu dioleskan pada flek hitam. Pengolesan flek hitam dilakukan selama kurang lebih lima detik.

Dengan perawatan secara rutin, metode cryotherapy bisa menghancurkan pigmen ekstra. Cryotherapy bisa membantu wajah tampil lebih bersih, cerah, dan tidak ditemukan noda hitam sedikitpun.

5. Menggunakan Krim Pencerah Wajah

Selain menggunakan beberapa metode medis sebelumnya, dokter spesialis dermatologi juga menyarankan untuk melakukan perawatan rutin melalui krim pencerah yang aman.

Beberapa krim pencerah wajah yang direkomendasikan seperti retinoid, kojic acid, dan vitamin C.

Jika Anda sudah melalui metode perawatan medis di atas, Anda bisa menggunakan krim wajah sesuai dengan rekomendasi dokter kulit berpengalaman.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Menghilangkan flek hitam secara alami memang banyak dipilih karena budget yang dikeluarkan tentu lebih murah. Meski demikian, umumnya cara yang alami membutuhkan waktu lebih lama.

Pada cara alami, Anda bisa memanfaatkan bahan alami di sekitar untuk digunakan sebagai masker wajah secara rutin setiap harinya.

Berikut bahan alami yang bisa menghilangkan flek hitam:

1. Lidah Buaya

Dalam sebuah penelitian menunjukkan, aloe vera atau lidah buaya memiliki kandungan aloin yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah.

Saat menempelkan gel lidah buaya ke wajah, maka akan timbul efek menenangkan dan mendinginkan kulit secara merata. Senyawa dalam lidah buaya mampu mencerahkan kulit, memudarkan flek hitam, dan membuat kulit terasa halus.

Silahkan oleskan gel lidah buaya pada area flek hitam dan biarkan meresap pada kulit selama 15-20 menit, lalu cuci wajah dengan menggunakan air bersih serta facial wash.

2. Sari Tomat

Selain memang banyak digunakan dalam pembuatan jus, tomat efektif mengatasi masalah kulit seperti jerawat, flek hitam, dan lainnya. Sari tomat mengandung likopen yang bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari serta membuatnya tampak cerah bersinar.

Bagaimana cara memudarkan flek hitam dengan sari tomat?

Siapkan tomat yang sudah lembek, lalu hancurkan sampai keluar sarinya. Coba oleskan sari tomat ke wajah sampai merata, biarkan mengering selama 15-20 menit, baru bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Teh Hijau

Cara menghilangkan flek hitam secara alami dengan menggunakan teh hijau. Menurut Journal of Cutaneous and Aesthetic Surgery, penggunaan teh hijau rutin mampu memudarkan flek hitam.

Hal ini disebabkan karena teh hijau memiliki sifat depigmentasi, sehingga cocok digunakan perawatan.

Bagaimana cara membuat teh sebagai masker alami wajah?

Siapkan air rebusan teh hijau, lalu oleskan secara merata pada bagian wajah. Jika sudah mengering, Anda bisa mencucinya dengan air bersih. Untuk hasil lebih efektif, masker teh hijau bisa dikombinasikan dengan pelembab.

4. Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat khususnya dalam bidang kecantikan dan kesehatan. Bahan ini memiliki sifat anti-inflamasi serta antioksidan yang bisa membantu meredakan peradangan dan mencerahkan kulit secara optimal.

Cara menggunakan madu adalah dengan menggunakan madu murni, lalu ditambah dengan tepung beras dan yoghurt, baru diaplikasikan sebagai masker wajah.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan vitamin E dan asam lemak yang mampu melembabkan kulit lebih baik dibandingkan bahan alami lainnya.

Rutin menggunakan pelembab minyak kelapa akan membuat masalah flek hitam pada kulit memudar. Cukup mudah, bukan?

6. Lemon dan Yoghurt

Lemon dan yoghurt merupakan dua bahan alami yang terbukti efektif mampu memudarkan flek hitam membandel pada wajah. Keduanya memiliki kandungan vitamin C, sehingga mengurangi pigmentasi pada kulit jika digunakan secara rutin.

Untuk menggunakannya, campurkan lemon, yoghurt, dan tepung gram sampai berbentuk pasta. Gunakan bahan sebagai scrub alami, sehingga membantu pengelupasan kulit.

Oleskan ke wajah selama 30 menit tiap harinya, kemudian bilas menggunakan air bersih atau facial wash seperti biasanya.

7. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang mampu mencerahkan kulit wajah. Didalamnya terdapat kandungan antioksidan yang efektif memudarkan flek hitam dengan cepat.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan madu, kemudian oleskan ke wajah selama 10-15 menit. Lakukan hal ini rutin setiap harinya.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Lakukan Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Maksimal

Dari sekian banyak cara menghilangkan flek hitam di atas, Anda tertarik mencoba yang mana? Tiap perawatan pastinya menawarkan kelebihan dan kekurangan sendiri.

Namun agar bisa maksimal, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kecantikan supaya perawatan yang Anda terima bisa sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Jika Anda tertarik untuk berkonsultasi dengan dokter profesional dan mendapatkan perawatan kecantikan yang aman dan efektif, Anda bisa menghubungi Eterniskin di sini.

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait