Bagaimana Metode Photo Facial dalam Mencerahkan Wajah?

metode-photo-facial-eterniskin

Perawatan kulit dengan terapi photo facial sebenarnya bukanlah barang baru. Terapi ini telah dilakukan oleh para ahli kecantikan sejak satu dekade lalu, yaitu sekitar tahun 2013. Prosedur perawatan wajah tersebut juga diminta oleh mayoritas klien yang datang ke klinik kecantikan.

Pengertian photo facial sebenarnya merupakan tindakan facial yang menggunakan sinar laser. Tindakan facial dengan laser tersebut bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit tampak lebih sehat, sehat dan kencang.

Alasan orang menyukai facial dengan laser ini yaitu waktu pengerjaannya lebih singkat dan nyaman di permukaan kulit. Setelah selesai melakukan perawatan dengan terapi tersebut, orang bisa langsung bisa melakukan aktivitasnya seperti biasa.

Prosedur dan Metode Photo Facial

Facial adalah treatment yang sudah banyak dikenal dan biasa dilakukan oleh kebanyakan orang. Tapi, bagaimanakah kalau facial dilakukan dengan menggunakan sinar laser? Prosedur itulah yang disebut dengan photo facial.

Prosedur perawatan wajah tersebut dilakukan melalui tiga tahapan pokok, yang terdiri dari :

  • Face Toning

Tahapan awal dalam facial ini dikenal sebagai face toning. Metode face toning dilakukan dengan memanfaatkan sinar laser. Sinar laser tersebut akan bekerja langsung ke dalam lapisan dermis kulit. Manfaat metode face toning ini yaitu untuk menstimulasi terjadinya pembentukan kolagen.

Kolagen yang diproduksi akan membuat kulit menjadi lebih kencang, bebas kerutan serta mengecilkan pori-pori. Selain itu, face toning juga mampu menghilangkan flek abu-abu kebiruan pada wajah. 

Produksi minyak pada kulit wajah juga akan berkurang dengan metode face toning ini, sehingga jerawat tidak mudah muncul. 

  • Face Rejuvenation

Setelah metode face toning, langkah selanjutnya dalam terapi photo facial yaitu face rejuvenation. Apa yang dimaksud face rejuvenation? Face rejuvenation adalah tindakan menggunakan terapi cahaya. 

Teknologi cahaya tersebut akan bekerja sekaligus pada dua lapisan kulit, yaitu epidermis dan dermis atas. Target yang dituju oleh cahaya adalah melanin, hemoglobin (Hb) serta air yang terdapat di lapisan dermis. Lapisan air pada dermis itulah yang menjadi tempat diproduksinya kolagen.

Manfaat face rejuvenation tidak jauh-jauh dari apa yang menjadi targetnya. Karena ditargetkan pada melanin, maka metode ini bermanfaat untuk mengurangi flek-flek hitam. Apakah hanya itu saja manfaat terapi face rejuvenation? Tentu saja tidak.

Terapi ini juga berfungsi sebagai cara untuk mengurangi peradangan sehingga jerawat bisa berkurang, merangsang produksi kolagen yang membuat kulit lebih mudah beregenerasi dan mengurangi terjadinya hiperpigmentasi.

  • Oxy Infusion

Tahapan photo facial selanjutnya adalah oxy infusion. Sesuai namanya, terapi ini merupakan langkah untuk pemberian oksigen pada lapisan kulit secara optimal. Selanjutnya, oksigen akan diserap melalui pori-pori dan membuat kulit kembali segar serta tetap lembab.

Fungsi oxy infusion yang lainnya yaitu bisa mengurangi kotoran yang menempel di wajah, sehingga make up bisa menempel dengan sempurna. Kalau ingin mendapatkan wajah yang selalu terlihat segar, bersih dan lembap, terapi oxy infusion sangat cocok digunakan.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Photo Facial

Keuntungan terapi facial dengan laser ini diantaranya adalah waktu yang tidak terlalu lama untuk melakukan tindakan. Sehingga, orang tidak perlu meninggalkan pekerjaannya hanya demi melakukan perawatan wajah saja.

Waktu yang diperlukan untuk photo facial dan tahapannya yaitu sekitar 30-40 menit saja. Cukup singkat dan bahkan bisa dilakukan di sela-sela jam istirahat kantor. Awalnya, terapis akan membersihkan wajah lalu mengambil foto wajah.

Apa gunanya foto wajah tersebut? foto wajah yang diambil bermanfaat untuk mengetahui bagaimana kemajuan treatment yang dilakukan. Barulah setelah itu, dilakukan tahapan face toning pada klien atau pasien.

Saat dilakukan face toning, mata akan ditutup menggunakan kacamata khusus supaya sinar yang keluar dari laser tidak mengganggu penglihatan. Kalau sudah selesai di laser, wajah diolesi dengan gel dan dilakukan face rejuvenation.

Terakhir, setelah wajah selesai disinari dengan cahaya pada metode face rejuvenation, selanjutnya akan diberikan oksigen (oxy infusion). Sekali lagi, semua rangkaian tahapan dalam photo facial hanya memerlukan waktu 30 sampai 40 menit saja.

Don’t dan Does Setelah Tindakan Dilakukan

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, setelah melakukan prosedur terapi facial dengan laser tersebut, ada hal-hal yang harus dihindari. Setidaknya, dua hari setelah tindakan, sebaiknya jangan melakukan scrubbing pada wajah. 

Selain itu, hindari juga mencuci wajah memakai air hangat, berenang dan berolahraga dengan intensitas yang berat. Tapi jangan kuatir, karena begitu setelah dilakukannya perawatan, Anda bisa langsung mengaplikasikan makeup dan tetap pakai sunblock dengan SPF minimal 30.

Dokter juga menyarankan untuk mengoleskan krim malam setelah melakukan perawatan wajah tersebut. Terapi ini bisa diibaratkan seperti olahraga untuk kulit, sehingga makin sering dilakukan, hasilnya semakin nyata.

Photo facial adalah jenis terapi perawatan wajah yang memadukan tiga jenis metode untuk memperoleh kulit yang segar, bersih dan kencang. Waktu penanganan yang singkat dan hasilnya memuaskan, menjadi kelebihan dari treatment wajah.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Artikel Terkait