Bagaimana Cara Perawatan Mesotherapy pada Wajah?

perawatan-mesoteraphy-wajah-eternskin

Mesotherapy atau mesoterapi adalah jenis perawatan kulit yang berasal dari negara Eropa, yaitu Perancis. Mesotherapi wajah diyakini dapat membuat kulit awet muda, dengan cara mengencangkan teksturnya, yang dilakukan tanpa adanya tindakan bedah sedikitpun.

Cara mesoterapy bukan melalui pembedahan, melainkan dengan injeksi atau suntikan. Tentu saja, bahan-bahan yang disuntikkan ke dalam kulit adalah vitamin yang dibutuhkan untuk proses peremajaan, seperti vitamin C ataupun bahan lainnya.

Apa Itu Tindakan Mesotherapy Wajah?

Kebanyakan orang masih berpikir bahwa untuk membuat kulit awet muda adalah dengan operasi plastik. Padahal, tidak semua treatment peremajaan kulit harus menggunakan metode bedah, seperti operasi plastik. Salah satunya adalah mesotherapy pada kulit wajah.

Mesoterapy tidak membutuhkan pembedahan, karena kulit hanya akan diberikan injeksi vitamin dan mineral saja, disamping beberapa obat tentunya. Cairan injeksi tersebut kemudian akan disuntikkan pada area wajah, terutama di bagian yang berlemak.

Beberapa area wajah yang disuntik meso misalnya pipi, rahang, dahi dan daerah sekitar kantung serta bawah mata. Sedangkan jenis cairan injeksi mesoterapy bisa saja berbeda untuk satu klinik kecantikan dan lainnya. 

Jenis cairan injeksi biasanya disesuaikan dengan perawatan yang ingin dilakukan oleh pasien. Namun biasanya, yang paling sering dipakai yaitu vitamin, hormon, ekstrak tumbuhan, enzim dan obat-obatan tertentu seperti antiinflamasi non steroid (NSAID) atau vasodilator.

Untuk mengatasi masalah tertentu, seperti selulit, lebih sering digunakan cairan berupa lesitin dan isoproterenol. Begitu juga untuk mesotherapi wajah yang bertujuan untuk mengurangi lemak.

Cara Perawatan dengan Mesotherapy Wajah

Pada awalnya, metode mesoterapy ini digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan, yaitu sebagai terapi untuk menyembuhkan penyakit. Tetapi, dalam perkembangannya, mesoterapy kini juga digunakan sebagai prosedur perawatan kulit, termasuk pada wajah.

Mesoterapy adalah metode yang dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin mendapatkan kulit kencang serta menghilangkan lemak. Tentunya, prosedur mesoterapy pada wajah tidak boleh dilakukan sembarangan, harus oleh dokter yang telah memiliki kompetensi.

Adapun tahapan dan prosedur mesotherapi wajah yang akan dilakukan oleh dokter kepada pasien, terdiri dari :

1. Melakukan Konsultasi

Sebelum tindakan suntik meso pada wajah dilakukan, pasien akan diberikan sesi konsultasi dulu oleh dokter. Konsultasi dilakukan supaya dokter tahu bagian wajah manakah yang bermasalah dan harus mendapatkan suntikan meso tersebut. 

2. Pemberian Anestesi atau Obat Bius

Setelah dokter menemukan area wajah yang akan dilakukan tindakan, selanjutnya bagian tersebut diberikan obat bius atau anestesi pada seluruh permukaan kulit wajah. Tujuan anestesi yaitu untuk mencegah pasien merasakan sakit akibat tindakan yang dilakukan.

3. Tindakan Mesoterapy

Kalau pasien sudah mati rasa pada area wajahnya, barulah tindakan meso dilakukan oleh dokter. Caranya yaitu dengan menyuntikan cairan khusus ke bagian jaringan lemak yang berada di bawah permukaan kulit.

Dalam tindakan ini, ada dua metode yang dapat dilakukan dokter, yaitu :

  1. Mesotherapy non needle, yaitu tidak menggunakan jarum melainkan dengan mesin electrophoresis. Mesin ini berguna untuk membuka saluran pada pori-pori kulit supaya bahan aktif yang dimasukkan dapat meresap sempurna.
  2. Mesotherapy needle, yaitu meso yang memakai jarum untuk membuat luka mikroskopik yang steril pada area yang akan dilakukan tindakan. Suntikan akan diberikan dengan kedalaman antara 1-4 mm ke dalam lapisan kulit.

Selanjutnya, cairan injeksi yang berisi bahan-bahan aktif, seperti vitamin, mineral, enzim dan sebagainya akan bekerja untuk meremajakan kulit wajah. Selain pada wajah, injeksi juga dapat diberikan pada leher, dada, tangan, kepala atau area mana saja yang mengalami stretch mark.

Apa Manfaat Mesotherapy?

Bahan-bahan aktif yang dimasukkan dalam injeksi pada mesotherapi wajah bisa beragam, bahkan ada yang menggunakan 40 jenis bahan aktif bersamaan. Contohnya, kombinasi vitamin A, B, C dan E dengan bahan aktif berupa hyaluronic acid dan peptida. 

Adanya beragam bahan aktif dalam injeksi meso ini membuat metode mesoterapy memiliki banyak manfaat, diantaranya sebagai berikut.

1. Merangsang Produksi Kolagen

Siapapun tahu bahwa kolagen merupakan zat yang bertanggungjawab memberikan kekenyalan pada kulit. Jarum-jarum ukuran mikro yang dimasukkan ke dalam lapisan kulit membuat bahan aktif bisa segera meresap dan dapat memicu produksi kolagen dengan waktu yang lebih cepat.

2.  Meningkatkan Pembelahan pada Sel Kulit 

Untuk meremajakan kulit dibutuhkan sel dan jaringan baru untuk menggantikan yang lama. Suntikan meso yang diberikan memberikan efek rangsangan sehingga sel kulit dapat membelah lebih cepat. Artinya, jaringan kulit yang baru akan segera terbentuk sehingga kulit kembali halus.

Selain itu, membelahnya sel kulit dapat mengurangi hiperpigmentasi pada wajah. Hiperpigmentasi lebih cepat memudar berkat adanya pembelahan sel. Memang, manfaat mesoterapy yang diutamakan oleh kebanyakan wanita yaitu untuk menghilangkan hiperpigmentasi. 

3.  Mengurangi Warna Kemerahan pada Kulit

Mesotherapi wajah juga efektif untuk mengurangi munculnya warna kemerahan pada kulit. Bagi orang yang memiliki jenis kulit sensitif, warna kemerahan mudah sekali muncul pada wajah, yang kemudian juga bisa memicu jerawat.

Jadi, mesoterapy bisa menjadi pilihan perawatan wajah yang tepat bagi siapa saja jenis kulitnya sensitif maupun mudah berjerawat. Hal itu disebabkan karena bahan-bahan aktif bisa langsung menyerap dan menenangkan kulit.

4. Tekstur Kulit Lebih Baik

Manfaat suntik meso yang lainnya yaitu memperbaiki tekstur pada kulit wajah. Itu berkat produksi kolagen yang disebabkan oleh masuknya bahan aktif ke dalam kulit. Produksi kolagen pada kulit mempunyai dampak panjang, yaitu menjadikan kulit lebih kenyal dan kencang.

Untuk mendapatkan manfaat ini, pasien disarankan untuk melakukan treatment secara rutin beberapa kali. Perubahan pada tekstur kulit akan terjadi secara perlahan seiring dengan perawatan yang dilakukan.

5. Mencerahkan Kulit

Sejak tren drama Korea dan K-Pop masuk ke Indonesia, standar kecantikan juga mengalami pergeseran. Korea menjadi trend setter dalam banyak hal termasuk kecantikan. Orang cantik adalah dia yang memiliki kulit wajah putih bersih, cerah dan glowing, seperti orang Korea.

Jangan kuatir, karena mesoterapy juga memberikan manfaat mencerahkan kulit wajah. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa bahan-bahan aktif dalam suntikan meso akan merangsang terjadinya pembelahan sel kulit.

Pembelahan sel pada kulit wajah bermanfaat untuk menghilangkan hiperpigmentasi yang membuat kulit berwarna gelap dan kusam. Dengan pembelahan sel kulit, maka kulit lama yang kusam akibat hiperpigmentasi akan digantikan oleh jaringan kulit baru yang lebih putih.

Pasien yang telah lama melakukan treatment dengan mesoterapy merasa bahwa semakin lama warna kulit mereka menjadi makin glowing seperti orang Korea. Tentu saja, pasien harus telaten melakukan mesoterapy untuk mendapatkan efek glowing seperti yang diinginkan.

Efektivitas Tindakan Mesotherapy

Seberapa efektifkah mesoterapy wajah dalam mengatasi persoalan kulit? Efektivitas tindakan mesoterapy tentunya bisa saja berbeda antara pasien satu dan lainnya. Efektivitas mesoterapy ini dipengaruhi juga oleh kondisi kulit setiap pasien.

Injeksi meso wajah atau mesotherapy wajah yang berasal dari negara Perancis, bisa menjadi pilihan perawatan non bedah untuk memperbaiki struktur kulit dan mencerahkan warnanya. Supaya bisa mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya mesoterapy dilakukan selama enam bulan berturut-turut.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Artikel Terkait