Bagaimana Cara Menghilangkan Kutu Rambut Terefektif?

cara-menghilangkan-kutu-rambut-eterniskin

Kutu rambut memang sangat menyebalkan karena bisa membuat kepala terasa gatal akibat gigitannya. Bahkan tidak jarang orang akan merasa jijik saat terdapat kutu di atas kepalanya. Banyak orang yang akan mencari cara menghilangkan kutu rambut agar rambut tetap bersih. 

Memang obat di luaran sana juga tersedia sangat banyak sehingga bisa dipilih untuk mematikan kutu-kutu yang ada di rambut. Dan bagi yang memiliki kutu rambut tentu saja akan mencari cara yang efektif dan cepat memberikan hasilnya. 

Saat kutu di rambut sudah pergi atau rambut bersih dari kutu maka kehidupan sehari-hari akan mudah dilakukan. Kepercayaan diri akan dimiliki sehingga memiliki hari-hari yang lebih aktif tanpa harus memikirkan kutu yang memang membuat kepala menjadi lebih kotor. 

Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Agar tidak bingung untuk bisa menghilangkan kutu rambut yang sangat membandel maka cara efektif harus dilakukan. Anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini sehingga kutu rambut bisa hilang dan tidak kembali lagi, yaitu:

1. Menggunakan Sisir Serit

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membasmi kutu rambut adalah menggunakan sisir serit. Sisir ini memang dikhususkan untuk mengatasi kutu yang ada di rumah. Biasanya untuk bentuknya memiliki gigi yang tipis, rapat, serta keras sehingga mudah untuk menangkap kutu. 

Jika ingin menggunakannya maka cukup seperti menggunakan sisir biasa. Atau Anda bisa membasahi rambut terlebih dahulu sehingga tidak akan kusut dan kering. Sisirlah mulai dari akar rambut sampai dengan ujung rambut secara berulang sehingga kutu tersebut bisa jatuh. 

Tidak jarang telur kutu yang bersarang di rambut juga akan ikut jatuh. Akan tetapi, Anda harus tetap menggunakan sisir serit secara berulang sehingga kutu bisa habis dan tidak ada di rambut lagi. 

2. Menggunakan Shampo Khusus

Di pasaran sudah diciptakan beberapa shampo yang memang kegunaannya secara khusus untuk cara menghilangkan kutu rambut. Biasanya kandungan yang dimiliki sebanyak 1% adalah permethrin yang dipercaya mampu membuat kutu menjadi matu. 

Jika dilihat pada dunia medis, permethrin ini adalah kandungan antijamur serta anti parasit yang dapat membasmi kutu di dalam rambut. Selain itu, kandungan ini juga bisa mencegah adanya epidemi kutu rambut sehingga bisa membersihkan kutu yang ada di kepala Anda. 

3. Menggunakan Minyak Esensial

Siapa bilang minyak hanya bisa digunakan untuk pijak saja? Ternyata minyak esensial juga ampuh untuk menghilangkan kutu yang ada di rambut. Biasanya minyak esensial yang kerap digunakan seperti minyak almond, minyak zaitun, tea tree oil, minyak cengkeh, dan minyak lainnya. 

Minyak sendiri memiliki konsentrasi yang kental sehingga kutu bisa mati. Dan juga, pada kondisi yang licin karena rambut diolesi minyak maka kutu beserta dengan telurnya akan mudah untuk dihilangkan. 

Pemakaiannya cukup mudah karena hanya perlu mengoleskan minyak ini secara merata ke seluruh rambut. Diamkan beberapa jam sampai minyak menyerap ke dalam rambut. Setelah itu, Anda bisa membilasnya menggunakan air hangat. 

Lalu, untuk membersihkannya maka bisa menggunakan shampo khusus kutu sehingga bisa pembasmian bisa dilakukan dengan tepat. Anda bisa melakukannya secara rutin 2 hari sekali sampai kutu benar-benar pergi secara perlahan. 

4. Menggunakan Bawang Putih

Siapa sangka bumbu dapur ini memiliki kegunaan yang baik pada cara menghilangkan kutu rambut? Bawang putih sebenarnya memiliki bau yang sangat menyengat sehingga kutu tidak menyukainya. Kandungan bawang putih juga terdapat sifat anti-inflamasi dan antibakteri. 

Sayangnya, hanya beberapa penelitian saja yang mendukung bahwa bawang putih ini cukup efektif untuk menghilangkan kutu rambut. Anda bisa mencobanya sendiri dan lakukan secara rutin sebelum keramas. 

Cara nya cukup potong bawang putih, oleskan pada bagian rambut dan diamkan sekitar 10 – 15 menit. Setelah itu, keramas menggunakan sampo anti kutu dengan wangi yang enak. Pasti kutu tidak akan betah dan pergi dari rambut Anda secara perlahan-lahan sampai habis.  

5. Menggunakan Kondisioner

Jika dirasa minyak dan bawang putih terlalu ekstrim maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kondisioner. Cara ini juga bisa mengatasi permasalahan rambut yang menjadi tempat tinggal kutu. Memang kutu tidak akan langsung mati namun kutu akan lemas. 

Pada saat kutu lemas maka Anda bisa sigap menghilangkannya menggunakan sisir serit. Cara menggunakannya kondisioner sendiri seperti pada umumnya. Setelah keramas bisa langsung diaplikasikan pada rambut yang masih basang, gunakan sisir serit untuk menghilangkan kutu. 

Setelah itu, bisa rambut menggunakan air sampai benar-benar bersih. Anda bisa menggunakan air hangat yang dirasa lebih efektif untuk melemaskan kutu. Jika Anda menggunakan cara ini yang dibarengi dengan penggunaan sampo anti kutu maka bisa mendapatkan hasil yang lebih cepat. 

Cara menghilangkan kutu rambut memang bisa menggunakan bahan alami maupun produk tertentu. Membutuhkan ketekunan dan kedisiplinan sehingga kutu tidak akan bersarang lagi di rambut Anda. Gunakan beberapa cara di atas sehingga mendapatkan kulit kepala yang lebih sehat lagi.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Artikel Terkait