Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami?

cara-menghilangkan-jerawat-batu-eterniskin

Dari beberapa jenis jerawat, yang masuk kategori cukup parah dan mengganggu adalah jerawat batu. Bukan saja ukurannya yang relatif besar, tapi cara menghilangkan jerawat batu juga butuh usaha ekstra dan waktu yang tidak sebentar.

Perbedaan signifikan antara jenis jerawat ini dengan yang lain, juga terletak pada rasa sakit yang ditimbulkan ketika sedang meradang. 

Radang yang terjadi juga menimbulkan cairan nanah dalam jumlah lebih banyak. Banyak orang yang tidak tahan dan berusaha untuk menghilangkannya. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Apa itu Jerawat Batu?

Jerawat batu atau kistis merupakan salah satu jenis jerawat lebih parah dibanding jenis lain dengan dimensi besar dan sensasi nyeri di sekitar radang ketika disentuh. Tapi, ada juga beberapa kasus dimana penderitanya tidak mengalami efek nyeri walaupun ukurannya lebih besar.

Beberapa hal bisa memicu munculnya jenis jerawat ini, terutama ketika jumlah hormon jenis androgen yang ada di tubuh seseorang sedang meningkat. Apalagi waktu remaja, ketika hormon tersebut muncul dalam jumlah besar akan sangat berpengaruh pada kondisi kulit.

Penyebab lainnya juga bisa karena sedang hamil, dimana berbagai hormon di dalam tubuh sedang tidak normal dan mempengaruhi kondisi tubuh termasuk kulit.

Para penderita sindrom ovarium polikistik terkadang juga mengalami masalah jerawat batu begitu juga dengan wanita yang akan memasuki masa menstruasi atau menopause. Dimana kondisi tubuh tidak stabil, maka akan rentan menimbulkan radang.

Tips Menghilangkan Jerawat Batu secara Alami

Ada sejumlah cara menghilangkan jerawat batu alami bisa dipilih untuk menghilangkan jerawat batu meskipun memang perlu waktu lebih lama jika dibandingkan cara medis lainnya. Anda bisa tahu melalui penjelasan berikut.

1. Kompres Area Jerawat

Anda bisa melakukan kompres air hangat terlebih dahulu di area jerawat. Gunanya untuk mengurangi radang kemudian memudahkan cairan nanah di dalam jerawat untuk segera keluar. Setelah itu, Anda bisa mengompres jerawat batu dengan air dingin untuk meminimalisir nyeri dan perih yang muncul akibat radang tersebut.

2. Pembersih Muka Tanpa Sabun

Jika sebelumnya Anda lebih suka membersihkan wajah menggunakan sabun, ketika jerawat ini sedang meradang gantilah pembersih muka Anda ke produk non sabun. Supaya tidak menimbulkan reaksi yang kurang bagus pada area radang.

3. Gunakan Bawang Putih atau Cuka Apel

Bahan alami yang bisa dijadikan pilihan penyembuhan jerawat batu sangat beragam, dua diantaranya adalah bawang putih yang bisa langsung dioleskan ke area jerawat. 

Kedua adalah cuka apel yang diteteskan ke atas kapas halus, baru kemudian diusapkan ke area jerawat dengan perlahan. Cara ini juga butuh kekuatan mental yang maksimal, untuk bisa menahan rasa sakit dan perih akibat bersentuhannya jerawat dengan cuka yang bersifat asam.

4. Banyak Minum Air Putih

Pemulihan alami di atas bisa dilakukan secara teratur, disamping itu jangan lupa memastikan asupan air putih untuk tubuh Anda sudah tercukupi setiap hari. Ketika cairan tubuh tersedia, akan berdampak positif bagi pemulihan penyakit apapun termasuk jerawat.

5. Jangan Stress

Stres merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat, oleh karena itu sangat disarankan untuk meminimalisir stres. Ketika stress muncul, otak akan bekerja lebih maksimal dan menghasilkan banyak hormon, termasuk yang bisa memicu munculnya jerawat.

Mencegah Timbulnya Jerawat Batu

Jika Anda tidak ingin diserang jerawat batu, lakukan upaya pencegahan yang tepat supaya nantinya tidak harus melakukan cara menghilangkan jerawat batu secara alami atau medis.

1. Hindari Memencet Area Jerawat

Jangan pernah memencet jerawat, dampaknya bisa membuat radang meluas dan jerawat yang awalnya kecil berubah menjadi besar. Kenapa bisa begitu? Anda tidak bisa menjamin kebersihan tangan dan kuku saat memencet jerawat.

Jika area tangan berdebu dan berkuman, maka bisa menempel mudah di area jerawat lalu masuk ke pori-pori sehingga menambah parah radang yang sudah terjadi.

2. Istirahat Sesuai Kebutuhan Tubuh

Pastikan untuk beristirahat sesuai kebutuhan tubuh minimal 7 jam dalam sehari atau maksimal 9 jam. Dengan beristirahat yang cukup, tubuh akan menjadi rileks dan organ tubuh bisa kembali bekerja maksimal setelah istirahat. Otomatis metabolisme tubuh menjadi bagus, kemungkinan radang menjadi kecil.

3. Cuci Tangan

Pastikan untuk selalu mencuci tangan setelah melakukan aktivitas apapun, terutama ketika Anda mau menyentuh wajah. Kemungkinan kuman, virus, atau bakteri berpindah dari tangan ke area radang bisa dihindari.

4. Pembersihan Wajah Maksimal

Jangan lupa untuk selalu membersihkan area wajah menggunakan produk yang tepat sesuai dengan jenis kulit dan kondisi kulit wajah. Minimal dilakukan dua kali sehari, pertama ketika bangun tidur dan ketika akan beristirahat di malam hari.

5. Olahraga

Olahraga akan membantu menjaga kesehatan tubuh, memastikan metabolisme berjalan baik. Ketika kondisi tubuh sehat, maka daya tahan juga meningkat dan dapat melawan berbagai jenis penyakit termasuk radang berakibat jerawat batu.

6. Mandi Minimal 2 Kali Sehari

Kebersihan tubuh juga perlu diperhatikan. Jadi pastikan untuk melakukan ritual mandi minimal dua kali untuk memastikan tubuh selalu bersih

7. Meminimalisir Stres

Kelola stres yang bisa saja terjadi kapanpun. Caranya dengan selalu berpikir positif dan mencari solusi terbaik dari semua hal yang dialami.

8. Pastikan Kebersihan Barang yang Terhubung Langsung dengan Wajah

Anda juga perlu memastikan kebersihan semua barang yang akan berhubungan langsung dengan wajah, mulai dari kaca mata, ponsel, masker, hingga helm.

9. Pilih Produk Perawatan dengan Kandungan Tepat

Beda jenis kulit wajah akan beda pula produk perawatan yang tepat. Konsultasikan dengan dokter tentang produk yang tepat supaya hasilnya memuaskan dan jerawat tidak muncul di wajah Anda.

Chemical Peeling untuk Mengatasi Masalah Jerawat Batu

Selain melakukan cara menghilangkan jerawat batu alami, Anda juga bisa memanfaatkan cara medis yang biasa disebut chemical peeling atau sama juga dengan chem exfoliation. Metodenya adalah dengan membuat kulit area wajah terkelupas, proses ini akan melibatkan bahan kimia tertentu.

Prosesnya cukup mudah, yaitu mengoleskan larutan kimia ke permukaan kulit, kemudian tunggu sampai kering dan terkelupas. Fungsi dari metode ini adalah untuk memaksimalkan munculnya sel kulit baru yang lebih sehat, termasuk membantu mengobati jerawat batu.

Tapi memang tidak bisa dilakukan sendirian, perlu tenaga ahli untuk bisa membantu Anda. Oleh karena itulah, perawatan ini disediakan klinik kecantikan. Salah satunya Eterniskin yang menyediakan metode Chemical Peeling terbaik dengan hasil memuaskan pelanggan.

Khusus untuk jerawat batu, manfaat utama yang bisa dirasakan adalah bahan kimia yang dioleskan ke permukaan kulit akan meminimalisir minyak kulit sekaligus membunuh berbagai jenis bakteri. Termasuk penyebab jerawat yang sedang Anda alami.

Jika Anda memang mengalami masalah jerawat batu, menggunakan cara menghilangkan jerawat batu yang tepat merupakan solusi. Ketika cara alami terasa lama, bisa memilih perawatan dengan metode chemical peeling dari klinik kecantikan yang terpercaya.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Artikel Terkait