Bagaimana Cara Kerja IPL Dark Spot Treatment?

ipl-dark-spot-treatment

Sekarang ini sudah semakin beragam metode perawatan kulit wajah yang dapat ditemui di klinik-klinik kecantikan. Salah satu yang layak dicoba yaitu IPL dark spot treatment, dimana kulit akan disinari dengan cahaya berspektrum tinggi untuk mengembalikan kondisi wajah.

Munculnya flek hitam dan kerutan merupakan masalah bagi mayoritas wanita, namun perawatan perawatan IPL dark spot dapat menjadi jawaban bagi permasalahan tersebut. Manfaat perawatan IPL dark spot yang paling banyak dicari oleh kaum wanita adalah untuk menghilangkan flek hitam dan kerutan di wajah. 

Mengenal IPL Dark Spot Treatment

Jenis perawatan IPL dark spot ini mungkin memang belum sepopuler laser di kalangan masyarakat, tetapi manfaatnya tidak kalah bagus. Intense Pulse Light atau IPL, bisa mengatasi berbagai permasalahan kulit yang biasa dialami oleh wanita,seperti noda hitam dan kerutan.

Jika dibandingkan dengan laser, IPL memiliki spektrum cahaya yang lebih luas dan menggunakan panjang gelombang. Treatment IPL dark spot bermanfaat untuk menghilangkan bercak-bercak,warna kemerahan, kerutan hingga rambut pada area sekitar wajah.

IPL juga  menjadi  prosedur perawatan kecantikan yang dikenal dengan sebutan photoaging, yaitu tindakan untuk memperbaiki kondisi kulit pada wajah yang rusak akibat terus menerus terkena paparan sinar ultraviolet matahari. 

Sesuai dengan namanya, IPL dark spot treatment memang bertujuan untuk membantu menghilangkan flek—flek hitam pada kulit wajah. Dark spot atau bintik hitam bisa terjadi akibat hiperpigmentasi yang salah satunya disebabkan oleh paparan UV matahari.

Penyebab Munculnya Dark Spot pada Wajah

Memiliki kulit wajah yang putih mulus dan tanpa noda pastinya menjadi impian hampir semua wanita. Sayangnya, untuk mendapatkan kulit yang halus dan mulus tanpa noda bukanlah perkara mudah. Apalagi kita hidup di Indonesia yang beriklim tropis dan cukup panas.

Orang Indonesia hampir tidak bisa menghindari paparan sinar matahari yang terjadi sepanjang tahun. Tanpa adanya perlindungan, maka paparan sinar matahari yang mengandung UV akan membuat kulit berubah menjadi gelap dan kusam.

Efek sinar UV yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang Indonesia yaitu munculnya noda hitam atau dark spot pada kulit. Hal itu karena paparan sinar UV yang mengenai permukaan kulit akan memicu terbentuknya melanin, yaitu pigmen pemberi warna gelap pada kulit.

Dark spot memang tidak berbahaya tetapi membuat kulit menjadi kurang cantik. Produksi melanin tidak bisa dihentikan, tetapi setidaknya efeknya bisa dikurangi. Salah satunya menggunakan treatment IPL dark spot.

Prosedur IPL Dark Spot Treatment

Karena sama-sama menggunakan sinar dalam prosedur yang dilakukan, membuat orang awam berpikir bahwa perawatan IPL sama dengan laser. Perlu dipahami, bahwa perawatan dengan laser dan IPL ini tidak sama, karena alat yang digunakan saja sudah berbeda.

Laser hanya “menembakkan” cahaya pada satu bagian kulit yang akan ditangani saja, namun IPL lebih luas dari itu. Sinar pada IPL akan mengeluarkan gelombang cahaya yang lebih banyak dibandingkan laser. IPL juga memakai filter untuk mengatur cahaya yang dikeluarkan.

Dengan adanya filter tersebut maka energi tidak perlu dikeluarkan secara berlebihan namun cahaya tetap dapat diserap oleh kulit. Secara garis besar, prosedur yang dilakukan pada perawatan dengan IPL dark spot treatment yaitu sebagai berikut.

1. Pemeriksaan Oleh Dokter

Tindakan perawatan kecantikan IPL dark spot diawali dengan dilakukannya pemeriksaan oleh dokter kulit. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk mengetahui secara pasti bagaimana kondisi kulit pasien, tindakan apa saja yang akan dilakukan dan bagaimana hasilnya nanti.

Pada tahapan pemeriksaan ini, dokter juga akan menginformasikan bagaimana suatu kondisi kulit dapat berpengaruh pada hasil tindakan. Sebaiknya, pasien juga memberikan informasi kepada dokter tentang kondisi kulitnya, misalnya sering berjerawat, ada eksim dan sebagainya.

Informasi tersebut berguna agar dokter kulit tahu prosedur apa yang harus dilakukan selama tindakan dan sesudahnya.

2. Pembuatan Jadwal Treatment

Setelah dokter kulit melakukan pemeriksaan, selanjutnya akan dibuat jadwal kapan tindakan IPL dark spot tersebut dilakukan. Dokter mungkin juga dapat memberikan saran-saran pada pasien sebagai persiapan untuk prosedur perawatan dark spot dengan IPL.

Contohya, pasien diminta untuk tidak melakukan aktivitas fisik berat ataupun menggunakan dan mengkonsumsi obat-obatan khusus, setidaknya selama dua minggu sebelum tindakan dilakukan.

3. Tindakan dengan IPL Dark Spot

Ketika jadwal sudah ditentukan, saat dokter melakukan tindakan perawatan wajah dengan IPL dark spot. IPL dark spot ini dilakukan dengan menargetkan warna kulit tertentu yang kemudian akan disinari oleh cahaya yang mengeluarkan energi tertentu.

Sinar akan diarahkan pada kulit yang ditarget kemudian terjadi pemanasan, yang membuat tubuh membuang sel-sel yang tidak berguna. Pembuangan sel-sel yang tidak berguna oleh tubuh tersebut kemudian dapat bermanfaat untuk memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

Karena jenis cahaya pada IPL treatment dapat mengirimkan beberapa gelombang cahaya secara bersamaan, maka dapat dipakai untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kulit sekaligus. Inilah yang menjadi kelebihan IPL dark spot dibandingkan dengan laser biasa.

Manfaat Treatment IPL Dark Spot

IPL dark spot treatment dianggap lebih bagus daripada perawatan dengan sinar laser untuk kecantikan. Itu karena cara kerja IPL dark spot tidak merusak bagian kulit, seperti pada laser rejuvenation misalnya, sehingga proses penyembuhannya dapat lebih cepat.

Selain alasan tersebut, orang memilih perawatan dengan IPL dark spot karena bisa memberikan manfaat-manfaat sebagaimana berikut.

1. Mengatasi Hiperpigmentasi 

IPL dark spot adalah jenis treatment yang efektif untuk mengatasi masalah warna kulit atau hiperpigmentasi. Dalam hal ini, jenis hiperpigmentasi yang dapat dikurangi dengan IPL dark spot yaitu bintik-bintik pada kulit akibat penuaan dan sinar matahari. Hiperpigmentasi pada kulit memang tidak membahayakan kesehatan, tapi tentunya kurang bagus dari segi estetika dan kecantikan. 

2. Mengurangi Melasma

Apa itu melasma? Melasma merupakan kondisi dimana kulit mengalami bercak-bercak yang berwarna coklat ataupun abu-abu. Bercak pada kulit tersebut muncul akibat produksi melanin yang dipicu oleh sinar matahari.

3. Menghilangkan Stretch Mark

Metode IPL dark spot treatment dapat digunakan juga untuk menghilangkan garis-garis halus yang muncul pada kulit akibat terjadinya peregangan secara tiba-tiba. Garis-garis halus tersebut lebih dikenal dengan istilah stretch mark.

4. Mengatasi Rosacea

Kulit bisa saja mengalami kondisi yang disebut dengan rosacea. Apakah rosacea pada kulit itu? Rosacea adalah suatu kondisi yang terjadi pada kulit, yang menyebabkan warnanya menjadi kemerahan.

5. Menghilangkan Rambut dan Tato

Manfaat luar biasa IPL dark spot yaitu dapat menghilangkan rambut halus yang tumbuh pada bagian yang tidak diinginkan. Selain menghilangkan rambut, IPL dark spot juga bermanfaat untuk mengatasi tato. 

6. Mengurangi Masalah Kulit Lainnya

Selain mengatasi permasalahan pada kulit yang telah disebutkan, IPL dark spot juga membantu permasalahan kulit terkait dengan jerawat, bekas luka yang sulit hilang, rusaknya kulit akibat sinar matahari dan sebagainya.

Treatment FCPL merupakan tindakan IPL dark spot yang dapat dicoba oleh pasien untuk memperbaiki struktur kulit. IPL dark spot treatment menjadi pilihan tepat bagi para wanita yang ingin mendapatkan kulit kembali cerah, kencang, putih dan halus tanpa adanya kerutan dan noda.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Artikel Terkait