Apa saja Manfaat dan Pertimbangan Sebelum Inject Whitening?

inject-whitening-eterniskin

Inject whitening atau suntik pemutih kulit menjadi pilihan banyak wanita untuk memperoleh warna kulit yang bersih dan cemerlang. Tapi apakah manfaat inject whitening sepadan dengan dampak yang mungkin terjadi setelahnya?

Tidak bisa dipungkiri, sebagian besar masyarakat masih merasa takut untuk melakukan inject whitening karena kuatir pada akibatnya. Sementara itu, memiliki kulit yang putih seperti sudah menjadi standar kecantikan bagi kaum hawa di Indonesia.

Mengenal Inject Whitening

Apa yang dimaksud inject whitening? Inject whitening adalah jenis perawatan atau prosedur untuk mencerahkan warna kulit dengan menyuntikkan cairan tertentu. Jenis cairan yang digunakan pada inject whitening biasanya berupa kombinasi vitamin C dengan bahan-bahan yang lainnya.

Bahan lain di samping larutan vitamin C yang digunakan pada suntik pemutih misalnya kolagen dan glutathione. Selanjutnya, cairan pencerah tersebut akan disuntikkan ke dalam pembuluh darah lipatan lengan maupun punggung tangan secara perlahan-lahan.

Fungsi vitamin C, kolagen dan gluthatione dalam inject whitening adalah sebagai zat antioksidan penangkal efek radikal bebas. Saat kulit terpapar sinar ultraviolet (UV) matahari, maka akan terbentuk melanin. Namun, apakah itu melanin? Melanin merupakan pigmen warna gelap pada kulit.

Dengan disuntikkan cairan vitamin C dan campuran bahan lainnya, maka efek radikal bebas, termasuk pembentukan melanin dapat dikurangi. Hasilnya, warna kulit kusam akibat melanin akan hilang dan menjadi cerah lagi.

Pertimbangan Sebelum Melakukan Inject Whitening

Manfaat inject whitening sudah jelas, yaitu mengembalikan warna cerah kulit melalui injeksi cairan vitamin C dan bahan-bahan lainnya. Meskipun begitu, perlu dipertimbangkan juga beberapa hal sebelum melakukan suntik pencerah kulit tersebut.

Apa sajakah faktor yang harus dipertimbangkan sebelum melakukan inject whitening? Inilah beberapa hal yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan tersebut.

1. Bahan yang Digunakan dalam Injeksi

Pertimbangan yang pertama adalah bahan-bahan apa saja yang dimasukkan ke dalam pembuluh melalui suntikan pemutih tersebut. Jangan sampai, keinginan untuk mencerahkan kulit justru berakhir pada terganggunya kesehatan.

Bahan-bahan yang aman digunakan untuk inject whitening yaitu vitamin C, kolagen, glutathione, vitamin E dan transamin. Tanyakan lebih dulu bahan pemutih apa saja yang akan disuntikkan sebelum melakukan inject whitening.

2. Manfaat dan Dampaknya

Mengetahui apa manfaat inject whitening saja ternyata tidak cukup. Kenapa? Karena masing-masing bahan yang digunakan pada cairan suntikan akan menyebabkan efek tertentu kepada pasien, terlebih lagi jika penggunaannya dengan dosis yang besar.

Jangan ragu untuk bertanya pada dokter atau terapis apa saja efek samping dari setiap bahan yang digunakan dalam suntikan pemutih kulit tersebut. Bagi beberapa orang bisa saja suatu bahan tertentu dapat memicu munculnya alergi dan dampak lainnya.

3. Ada Tidaknya Alergi

Tindakan sebelum yang dilakukan sebelum inject whitening salah satunya adalah pemeriksaan darah untuk mengetahui adanya alergi pada suatu bahan atau tidak. Selain itu, tujuan tes darah sebelum inject whitening adalah untuk memastikan apakah ada masalah dengan ginjal atau tidak.

Mengapa memeriksa kesehatan ginjal itu penting? Salah satu alasannya adalah penggunaan vitamin C dalam dosis yang besar bisa memberatkan kerja ginjal. Jika ginjal sehat dan tidak ada masalah apapun maka prosedur inject whitening bisa dilakukan.

Apa Saja Manfaat Inject Whitening?

Apakah yang namanya inject whitening hanya bisa digunakan untuk memutihkan kulit saja? Nyatanya, manfaat inject whitening lebih dari sekedar memutihkan kulit saja tapi lebih luas dari hanya itu. Beberapa manfaat suntik pemutih diantaranya sebagai berikut.

1. Mencerahkan Warna Kulit

Manfaat yang utama dari inject whitening sudah jelas yaitu memutihkan atau mencerahkan warna kulit yang kusam akibat radikal bebas dan faktor lainnya. Suntikan berisi cairan vitamin C akan mengembalikan kecerahan kulit dengan mengurangi pembentukan melanin.

2.  Mengencangkan Kulit

Bahan suntikan pada inject whitening selain vitamin C adalah kolagen. Berkat suntikan yang mengandung kolagen tersebut maka elastis kulit dapat kembali dan membuat teksturnya menjadi lebih baik. Kolagen akan mengencangkan kulit sehingga kerutan yang ada perlahan-lahan akan memudar dan hilang.

3. Mencegah Jerawat dan Flek Hitam

Salah satu fungsi vitamin C yang disuntikkan ke dalam kulit adalah untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih. Seperti yang sudah banyak dipahami orang, bahwa kulit yang berminyak lebih riskan akan munculnya jerawat. 

Kulit dengan minyak yang berlebih dan tidak dibersihkan, kemudian akan dikotori oleh debu sehingga memicu kemunculan jerawat. Akibat jerawat yang ada di kulit, membuat wajah bisa mengalami noda dan flek hitam yang disebabkan oleh bekas jerawat tersebut.

4. Menjaga Kelembapan Kulit

Inject whitening juga berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah agar terhindar dari warna kusam. Kulit yang cenderung kering akan terlihat lebih kusam dan mudah keriput. Kelembapan juga akan bermanfaat untuk menjaga tekstur kulit tetap kencang dan kenyal.

Manfaat inject whitening telah banyak dirasakan oleh kaum wanita, mulai dari mencerahkan kulit hingga menghilangkan kerutan dan sebagainya. Untuk menghindari efek samping inject whitening yang berbahaya, kenali dulu apa bahan yang digunakan dalam cairan suntikan pemutih tersebut.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait