Apa Itu Laser CO2? Ini Manfaat, Prosedur & Efek Sampingnya

Apa Itu Laser CO2? Ini Manfaat, Prosedur & Efek Sampingnya

Laser CO2 merupakan salah satu jenis perawatan kecantikan yang saat ini cukup diminati. Fungsi laser karbon dioksida memang beragam, tidak heran perawatan ini menarik perhatian pelanggan yang ingin wajahnya lebih cerah, merona, dan berseri.

Selain membuat tampilan wajah tampak awet muda, metode laser karbon dioksida juga bisa mengatasi berbagai masalah kulit lainnya. Pada umumnya banyak wanita menggunakan laser CO2 untuk menghilangkan bekas jerawat dan  noda hitam.

Meskipun begitu, prosedur kecantikan satu ini tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, perlu ada campur tangan dari dokter berpengalaman.

Jadi, apa itu perawatan laser CO2? Apa manfaatnya? Bagaimana prosedur dan efek sampingnya?

Langsung saja kita bahas!

Baca Juga: Kenali Apa itu Laser Black Doll dan 7 Manfaatnya

Apa Itu Perawatan Laser CO2?

Laser CO2 adalah treatment dalam bidang kecantikan yang menggunakan gas karbon dioksida (CO2) dan laser untuk meratakan kulit secara optimal.

Setelah menjalani perawatan ini, wajah akan bebas dari bekas luka, tanda lahir, kutil, keriput, atau tanda penuaan lainnya.

Perlu Anda ketahui, perawatan kulit laser dibagi menjadi dua jenis yaitu laser ablatif dan non ablatif. Tujuan perawatannya pun ada yang fokus untuk memperbaiki struktur luar atau struktur dalam.

Nah, laser CO2 sendiri difokuskan untuk memperbaiki struktur luar wajah agar terlihat sempurna.

Berbagai Manfaat Laser CO2 untuk Kulit  

Tindakan laser karbon dioksida membuat wajah terlihat mulus karena mampu memudarkan berbagai jenis masalah kulit mulai dari jerawat, tanda lahir, kerutan, dan lainnya.

Dengan masa pemulihan sekitar 10-20 hari, laser karbon dioksida bisa memberikan manfaat sebagai berikut:

1. Bantu Menyamarkan Garis Kerutan

Teknologi laser karbon dioksida terbukti efektif mampu mengurangi munculnya garis halus dan kerutan di wajah. Hal ini bisa dilakukan karena teknologi memiliki kandungan kolagen yang mampu menutrisi kulit secara optimal.

Apakah Anda pernah dengar manfaat dari kolagen?

Kolagen adalah jenis protein yang dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit. Setelah melakukan perawatan, Anda akan merasakan sensasi kulit wajah terasa kenyal dan lembab.

Untuk mendapat hasil optimal, laser karbon dioksida bisa dilakukan secara rutin sesuai rekomendasi dokter.

2. Memudarkan Bekas Jerawat

Anda memiliki banyak bekas jerawat di bagian wajah? Langkah cepat untuk mengatasinya dengan laser karbon dioksida.

Perawatan kecantikan mampu mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan kulit, sehingga merangsang pembentukan sel baru yang lebih sehat dan bersih.

3. Mengatasi Kantung Mata Kendur

Setelah laser karbon dioksida diaplikasikan ke wajah, ada begitu banyak masalah kulit yang bisa teratasi secara maksimal. Salah satunya adalah kulit wajah jadi lebih kencang.

Dengan begitu, pasien yang punya masalah kantung mata kendur bisa menggunakan inovasi kecantikan satu ini.

Di dalam teknologi dilengkapi dengan kandungan retinol, vitamin E, vitamin A, antioksidan, kafein, dan vitamin C yang mampu menutrisi kulit secara optimal.

Laser akan difokuskan ke area mata untuk mengurangi kerutan dan bagian hitam yang membuat tampilan wajah kurang menarik.

4. Atasi Kerusakan Kulit Akibat Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang terlalu menyengat akan menyebabkan kulit mudah terkena serangan radikal bebas pemicu masalah flek hitam, jerawatan, kusam, dan lainnya.

Nah, bagi Anda yang harus bekerja di lapangan, bisa memanfaatkan laser karbon dioksida untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Menghilangkan Kutil

Teknologi laser CO2 tidak hanya mengatasi masalah kerutan wajah, namun juga bisa membantu menghilangkan kutil secara optimal.

Dokter akan lebih lama mengarahkan laser pada bagian kutil, kemudian perlahan lapisan kulit paling atas bisa terangkat, sehingga wajah lebih bersih.

6. Bantu Atasi Kanker Kulit Stadium Awal

Kanker kulit atau melanoma merupakan jenis masalah kulit yang sangat serius. Bagi pasien yang menderita kanker kulit stadium awal, bisa mengatasinya dengan laser karbon dioksida.

Perawatan akan membuat jaringan sel kanker kulit perlahan mengecil bahkan hancur seketika.

Baca Juga: Ketahui Jenis, Proses, Hingga Fungsi Laser Rejuvenation

Prosedur Perawatan Laser CO2

Penggunaan laser karbon dioksida tidak boleh dilakukan sembarangan, oleh sebab itu perlu didampingi oleh dokter spesialis dermatologi yang berpengalaman.

Prosedur untuk melakukan treatment laser karbon dioksida agar mendapatkan hasil optimal adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Krim Retinoid dan Obat-Obatan

Beberapa minggu sebelum tindakan laser karbon dioksida, Anda perlu menggunakan krim retinoid pada area kulit yang akan dilaser.

Tujuannya untuk mempersiapkan kulit serta mengurangi risiko efek samping berlebihan. Selain mengoleskan krim retinoid, pasien juga perlu meminum obat.

Dokter akan memberikan resep obat-obatan khusus meliputi genital, infeksi, dan herpes oral untuk dikonsumsi 2 hari sebelum tindakan. Tiga hari pasca tindakan laser, pasien juga perlu meminum obat yang sudah diresepkan tersebut.

2. Memberikan Bius Lokal

Saat akan melakukan laser CO2, dokter akan memberikan bius lokal pada kulit secara oral atau melalui pembuluh darah.

3. Mengaplikasikan Laser CO2 pada Kulit Bermasalah

Setelah dibius, area kulit yang bermasalah akan dibersihkan. Kemudian, dokter akan memulai tindakan laser karbon dioksida secara perlahan-lahan.

4. Menutup Area Kulit dengan Perban

Jika tindakan laser karbon dioksida sudah selesai, area kulit akan ditutupi dengan perban selama 24 jam kedepan.

Pasien perlu membersihkan area kulit selama 2-5 kali sehari sesuai intruksi yang diberikan oleh dokter. Prosedur perawatan laser bisa memakan waktu 30 menit-2 jam lamanya.

Efek Samping Penggunaan Laser CO2

Sama halnya dengan prosedur kecantikan lainnya, laser karbon dioksida juga bisa menimbulkan efek samping bagi pasien. Meski jarang terjadi, namun ada juga pasien juga mengalami komplikasi cukup parah.

Oleh sebab itu, penting untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum menjalani perawatan ini.

Berikut beberapa efek samping yang mungkin ditimbulkan dari laser CO2:

  • Mengalami ruam kulit
  • Timbul rasa terbakar pada wajah
  • Mengalami pembekakan
  • Kulit mengalami infeksi
  • Timbul kemerahan pada kulit
  • Mengalami hiperpigmentasi
  • Timbul bekas luka pada wajah

Berapa Lama Bekas Laser CO2 Hilang?

Biasanya waktu pemulihan yang dibutuhkan dalam tindakan laser CO2 sekitar 3 mingguan. Makin luas area kulit yang terkena laser, maka makin lama proses pemulihannya.

Untuk mempercepat proses pemulihan pasca laser, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan yang sudah direkomendasikan oleh dokter.

Pasien juga butuh istirahat secukupnya, menghindari paparan sinar matahari, dan tidak menggunakan kosmetik untuk mendapatkan hasil perawatan optimal.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Garis Halus di Wajah

Berapa Kali Perawatan Laser Karbon Dioksida untuk Hasil Optimal?

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat laser karbon dioksida secara maksimal, perlu perawatan 4-6 kali. Pengulangan treatment bisa dilakukan 6-12 bulan sekali.

Meski demikian, Anda juga perlu mempertimbangkan masalah kulit dan proses pemulihan Anda.

Dapatkan Treatment Laser CO2 yang Aman dan Efektif

Laser CO2 merupakan tindakan perawatan kecantikan terbaik bagi yang memiliki masalah kulit seperti bekas jerawat, kutil, kantung mata, dan lainnya.

Jika ingin mendapatkan prosedur kecantikan yang aman dan memberikan hasil optimal, pastikan Anda mendapatkannya di klinik kecantikan yang diawasi langsung oleh dokter profesional, seperti Eterniskin.

Eterniskin merupakan klinik kecantikan yang dijalankan oleh dokter spesialis kulit, sehingga setiap perawatan yang dilakukan akan disesuaikan dengan kondisi kulit pasien.

Segera hubungi Eterniskin untuk informasi lebih lanjut dan reservasi perawatan laser CO2.

Artikel Terkait