Ampuh! 4 Cara Menghilangkan Komedo & Dapat Dilakukan Sendiri

Cara menghilangkan komedo

Komedo merupakan salah satu permasalahan yang terjadi di kulit yang cukup mengganggu. Namun, bagaimana cara menghilangkan komedo yang bisa dilakukan sendiri?

Komedo sendiri merupakan sebuah kondisi di mana munculnya bintik hitam keras pada beberapa area wajah. Biasanya banyak ditemui pada hidung, pipi, dan juga bawah bibir. Eksistensinya cukup sulit untuk dihilangkan.

Wajah yang berkomedo dapat menurunkan kepercayaan diri. Untuk itu, berikut ini sudah dirangkumkan beberapa bahasan mengenai cara mengatasi, dan juga antisipasi yang bisa dilakukan.

Apa saja Penyebab Terjadinya Komedo?

Sebelum masuk ke dalam sesi cara menghilangkan komedo, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu mengapa biang kerok yang satu ini bisa muncul di wajah kita. 

Komedo terjadi saat adanya sel kulit mati yang menumpuk, ditambah dengan minyak (sebum), sehingga menyumbat pori-pori wajah. Meskipun tidak meradang, komedo ini terasa apabila diraba, dan apabila berukuran besar, akan terlihat sehingga membuat penampilan wajah terganggu.

Nah, komedo sendiri dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu komedo hitam (blackhead) dan juga komedo putih (whitehead). Blackhead terjadi saat komedo berada di pori kulit yang terbuka sehingga terpapar udara, sedangkan whitehead terjadi di pori kulit yang tertutup.

Jadi, komedo dapat terjadi karena beberapa hal berikut:

  • Kurang menjaga kebersihan wajah
  • Menggunakan produk kulit dengan kandungan minyak berlebih
  • Produksi minyak wajah (sebum) yang berlebihan
  • Mengkonsumsi obat tertentu
  • Pola makan yang kurang sehat
  • Menurunnya ketahanan daya tubuh
  • Efek alergi
  • Keturunan atau genetika

4 Cara Mudah Menghilangkan Komedo

Cara untuk menghilangkan komedo sebenarnya cukup banyak, sehingga ini tentunya akan sangat membantu Anda yang sudah tidak tahan dengan eksistensinya. Mulai dari memakai bahan alami hingga perawatan racikan yang sudah tersedia di beberapa produk bermerk.

Tidak perlu khawatir lagi, karena beberapa cara akan dibahas pada ulasan di bawah ini. Semua langkah yang disebutkan ini khusus untuk Anda yang ingin melakukan pembersihan komedo secara mandiri, alias tidak dengan menggunakan perawatan klinik.

1. Eksfoliasi Kulit

Ini merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam menghilangkan komedo. Eksfoliasi sendiri adalah sebuah kegiatan pengelupasan sel kulit mati. Cara yang bisa dipakai untuk eksfoliasi pun juga bermacam-macam.

Namun, sebaiknya tidak menggunakan scrub untuk eksfoliasi komedo, karena butiran scrub yang kasar dapat membuat kulit menjadi iritasi dan akhirnya meradang. Terlebih pada area di sekitar komedo serta jerawat.

Cara yang tepat untuk menghilangkan komedo adalah dengan memakai produk eksfoliasi yang mengandung bahan AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan juga BHA (Beta Hydroxy Acid). Kandungan ini lebih aman dibandingkan scrub yang bisa membuat kulit meradang.

Namun, tetap saja kandungan tersebut bekerja dengan mengikis lapisan kulit paling atas untuk menghilangkan sel kulit mati. Dengan ini, kondisi kulit tentunya akan menjadi lebih sensitif. Jadi, lebih baik tidak terlalu lama di bawah paparan sinar matahari secara langsung.

Jangan lupa untuk memakai sunscreen atau tabir surya untuk melindungi wajah dari dampak buruk paparan sinar matahari.

2. Menggunakan Masker dari Tanah Liat (Clay)

Langkah yang satu ini merupakan cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Seperti yang bisa diketahui sendiri, komedo bisa terjadi karena produksi minyak (sebum) berlebih pada wajah.

Kandungan tanah liat mampu secara aktif mencegah produksi sebum berlebih di wajah. Anda bisa mencari tanah liat yang bersih dan sedikit padat untuk digunakan menjadi masker. Apabila ingin yang lebih efektif, Anda juga bisa membeli produk yang mengandung clay.

Karena keampuhannya, kini sudah banyak produk yang memiliki kandungan utama clay di dalamnya.

3. Memakai Retinol

Selanjutnya adalah produk yang mengandung bahan retinol. Ini merupakan cara menghilangkan komedo terampuh. Retinol yang kaya akan vitamin A secara efektif membuat kulit melakukan regenerasi sel, sehingga komedo yang merupakan hasil dari kulit mati dapat terhempaskan.

Namun, produk dengan kandungan retinol tidak disarankan untuk digunakan pada ibu hamil.

4. Memakai Putih Telur

Menghilangkan komedo yang terakhir adalah dengan memakai putih telur. Kandungan dari putih telur disinyalir dapat menghilangkan komedo dengan efektif, dan juga mengencangkan kulit. Selain itu, putih telur ini dapat diaplikasikan dengan menjadi masker juga.

Caranya adalah dengan mencampurkan satu butir putih telur dengan perasan air lemon. Anda dapat langsung mengoleskannya pada hidung, atau juga mengaplikasikan terlebih dahulu pada kertas polosan khusus yang berfungsi sebagai masker komedo. Setelah itu, tariklah perlahan masker putih telur, dan komedo pun akan terangkat dengan ampuh.

Selain mengaplikasikan cara menghilangkan komedo seperti yang sudah dibahas, Anda dapat melakukan langkah antisipasi agar komedo tidak tumbuh di wajah. Caranya adalah dengan mencuci wajah dua kali sehari, menjaga kebersihan, pola makan, dan juga mengelola stres dengan baik.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait