Amankah Menghilangkan Tato Permanen dengan Laser?

tato-permanen-dengan-laser-eterniskin

Saat ini terdapat cara menghilangkan tato permanen dengan laser yang cukup modern dengan menggunakan ilmu medis oleh dokter yang ahli pada bidang ini. 

Untuk cara menghilangkan tato ini memang masih diragukan oleh kebanyakan orang karena yang digunakan adalah laser atau sinar. Sebab itu, perlu memahaminya secara utuh sehingga mengetahui apa saja yang perlu diperhatikan sebelum melakukan tindakan ini. 

Ketahui bagaimana prosedurnya agar Anda tidak kaget saat akan melakukan penghapusan tato ini. Jika penasaran dengan prosesnya maka bisa melihat pada ringkasan di bawah ini. 

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Jika Hendak Laser Tato

Apabila Anda hendak melakukan penghapusan tato menggunakan laser maka ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan. Terdapat 3 hal yang perlu diketahui, yaitu:

1. Aman Meskipun Tidak Nyaman

Prosedur penghapusan tato menggunakan laser adalah hal yang aman dilakukan. Akan tetapi, saat prosesnya berlangsung maka bisa saja merasakan ketidaknyamannya. Oleh sebab itu, penghapusan ini harus dilakukan oleh profesional yang sudah terlatih dalam penghapusan tato. 

Biasanya area yang dihapus tatonya akan terasa nyeri dan tidak nyaman. Saat dilakukan treatment ini maka akan diberikan suntikan anestesi sehingga bisa mematikan rasa yang terjadi pada kulit bertato tersebut. 

2. Adanya Efek Samping

Sebelum melakukan metode laser untuk menghapus tato maka bisa melihat pada efek sampingnya terlebih dahulu. Beberapa pasien akan merasakan perubahan dalam warna kulit mereka seperti kemerahan dan itu sangat wajar terjadi. 

Warna kulit juga bisa berubah menjadi lebih cerah karena adanya penurunan pigmen dan hanya terjadi sementara. Setelah itu, warna kulit akan kembali normal setelah beberapa bulan setelah penghapusan tato dilakukan. 

Terkadang orang yang menghilangkan tato permanen dengan laser ini akan merasakan infeksi kulit. Memang tidak setiap orang akan merasakan efek samping ini. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melindungi area kulit yang dilaser sehingga bakteri penyebab infeksi tidak akan masuk ke kulit. 

3. Perawatan Setelah Laser Tato

Setelah melakukan perawatan dengan laser ini maka Anda akan dipastikan untuk hasil yang terbaik. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sehingga komplikasi tidak akan terjadi. Beberapa after care laser tato yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Jagalah kebersihan pada area kulit yang dilaser. 
  • Jangan terkena paparan air panas pada kulit yang dilaser terutama 24 jam pertama. 
  • Jangan menggosok area yang sudah dirawat sebelumnya. 
  • Gel petrolatum bisa digunakan selama 2 – 3 hari setelah penghapusan tato dengan metode laser tersebut. 
  • Tutupi area kulit yang telah dirawat menggunakan perban steril agar tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. 

Beberapa hal di atas perlu dilakukan sehingga bisa mendapatkan hasil penghapusan tato yang maksimal. Selain itu, saat mengalami beberapa efek samping yang sudah diberikan di atas maka bisa segera di atas oleh dokter. 

Proses Menghilangkan Tato Permanen dengan Laser 

Anda pasti penasaran bagaimana proses yang akan dilangsungkan dalam menghilangkan tato bukan? Salah satu metode yang akan digunakan sampai tato pada tubuh Anda menghilang adalah dengan metode laser. 

Sinar laser akan diarahkan kepada tato yang hendak dihapus dengan panjang dan kekuatan gelombang tertentu. Tujuan dari gelombang yang dipancarkan tersebut adalah untuk memecahkan pigmen tinta tato agar memudar. Untuk tato dengan warna gelap seperti hitam maupun navy maka akan lebih mudah untuk dihilangkan dibanding dengan warna tato lainnya. 

Untuk metode yang digunakan dalam menghilangkan tato ini adalah menggunakan laser yang sangat aman. Ada juga beberapa metode lain untuk penghapusan tato ini yaitu operasi, dermabrasi, penggunaan bahan kimia, maupun salabrasi. 

Akan tetapi, untuk metode laser ini sangat aman sehingga bagi ibu hamil, ibu menyusui, maupun orang dengan kondisi khusus juga bisa menggunakannya. Proses penghapusan tato sendiri terdiri beberapa langkah sehingga tato bisa benar-benar hilang, yaitu:

  • Periksakan terlebih dahulu untuk reaksi kulit jika terkena sinar laser. 
  • Setelah itu, menembakkan sinar laser ke pada area kulit dengan tato yang ingin dihilangkan yaitu dengan mengenai lapisan atas kulit. Anda mungkin akan merasakan seperti terkena percikan minyak panas. 
  • Prosedur menghilangkan tato selesai kemudian dokter akan mengompres bekas luka menggunakan kompres air es dengan tujuan untuk meredakan nyeri kulit. 
  • Dokter juga bisa memberikan krim antibiotik maupun pelembab sehingga infeksi tidak akan terjadi dan pemulihan bisa cepat. 
  • Selama beberapa minggu setelah melakukan laser tato maka Anda harus mencegah paparan sinar UV dengan cara menggunakan sunscreen yang tepat. 

Bagaimana dengan cara menghilangkan tato permanen dengan laser di atas? Tentunya sangat aman dan efek samping yang dirasakan tidak akan mengganggu kesehatan Anda. Dengan begitu, saat ingin menghapus tato dengan tindakan ini sangat direkomendasikan. 

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait