8 Cara Alami dan Efektif Menghilangkan Jerawat Pustula

8-cara-alami-dan-efektif-menghilangkan-jerawat-pustula

Jerawat pustula adalah jenis jerawat yang ditandai dengan benjolan yang lebih besar, terasa nyeri, merah, dan berisi nanah. Jerawat ini dapat mengganggu penampilan dan menyebabkan ketidaknyamanan. Alhasil, berbagai cara menghilangkan jerawat pustula dengan bahan alami pun mulai dicoba.

Menghilangkan jerawat pustula ini sebenarnya membutuhkan pendekatan khusus. Selain cara alami, tindakan medis mungkin dibutuhkan untuk kondisi tertentu. Dengan perawatan alami dan medis yang sesuai, Anda bisa saja mengatasi jerawat pustula dan mencegahnya muncul kembali. 

Namun, harus selalu ingat bahwa hasil yang efektif dapat bervariasi tergantung pada kondisi kulit masing-masing individu. Pada kesempatan kali ini, Anda akan mengetahui beberapa cara alami dalam mengatasi jerawat pustula ini!

BACA JUGA: JERAWAT PAPULA: CIRI, PENYEBAB, HINGGA CARA MENGATASINYA

8 Cara Menghilangkan Jerawat Pustula

Jerawat pustula termasuk jenis jerawat membandel yang seringkali mengganggu penderitanya. Rasa sakit pun menjadi makanan sehari-hari karena adanya benjolan bernanah di permukaan kulit. Untuk mengatasi rasa sakit tersebut, inilah beberapa cara alami dan efektif untuk menghilangkan jerawat pustula:

1. Masker Tanah Liat

Masker yang mengandung tanah liat alami, seperti bentonit atau kaolin, efektif dalam menarik minyak dan kotoran dari pori-pori. Gunakan masker tanah liat 1-2 kali seminggu untuk membantu mengurangi kelebihan minyak dan mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat pustula.

2. Minyak Esensial

Ada dua minyak esensial yang bisa Anda gunakan, antara lain:

  • Minyak Pohon Teh, yaitu berfungsi sebagai antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Oleskan minyak pohon teh yang sudah diencerkan pada jerawat pustula untuk mengurangi peradangan dan membunuh bakteri.
  • Minyak Rosemary, yaitu berfungsi sebagai anti-inflamasi dan antiseptik. Oleskan minyak rosemary yang telah dicampur dengan carrier oil pada jerawat untuk membantu penyembuhan.

Sebelum mengaplikasikan minyak esensial, pastikan untuk melakukan uji tempel untuk mencegah iritasi. Meskipun cara menghilangkan jerawat pustula secara alami ini bisa dilakukan oleh siapa saja, Anda tetap harus memperhatikan kondisi kulit. Jika terjadi peradangan, sebaiknya segera datangi dokter.

3. Gel Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi alami. Gel lidah buaya dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi kemerahan pada jerawat pustula. Aplikasikan gel lidah buaya langsung pada area yang berjerawat dua kali sehari untuk hasil terbaik.

Lidah buaya juga membantu menjaga kulit tetap lembap dan mencegah bekas jerawat. Oleh karena itu, beberapa skincare yang dijual di toko kecantikan juga tidak jarang menambahkan kandungan lidah buaya di dalam formulanya.

4. Fototerapi

Fototerapi menggunakan cahaya biru atau merah untuk membunuh bakteri penyebab jerawat (Propionibacterium acnes) dan mengurangi peradangan. Perawatan ini juga dapat membantu mengecilkan kelenjar minyak, mengurangi produksi sebum, dan memperbaiki tekstur kulit.

Sayangnya, fototerapi ini biasanya dilakukan di klinik dermatologi dan membutuhkan beberapa sesi untuk hasil optimal. Meskipun tidak tergolong cara alami dalam menghilangkan jerawat pustula, terapi ini dinilai jauh lebih efektif dalam menyembuhkan secara efektif.

Dapatkan Promo Perawatan Ekslusif di Klink Kecantikan Eterniskin!

5. Perhatikan Cara Perawatan Kulit Sehari-hari

Perawatan kulit sehari-hari selalu dimulai dengan aktivitas mencuci muka. Apabila ingin menghilangkan jerawat pustula, sebaiknya cukup mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut dan sesuai untuk kulit berjerawat sangat penting untuk menjaga kebersihan kulit.

Anda juga wajib menghindari produk yang mengandung alkohol atau pewangi karena dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, jangan memencet jerawat karena dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan infeksi serta bekas luka yang lebih serius.

6. Obat Jerawat Topikal

Obat jerawat topikal adalah jenis obat luar yang diolehkan di atas permukaan kulit untuk membunuh bakteri, menyembuhkan peradangan, dan mengurangi produksi minyak. Contohnya seperti asam salisilat, benzoil peroksida, dan retinoid.

Obat salep tersebut umumnya berfungsi untuk merangsang pergantian sel kulit dan mencegah penyumbatan pori-pori. Namun, khusus retinoid sangat dianjurkan untuk digunakan pada malam hari karena dapat membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari. Oleskan obat pada area berjerawat saja.

7. Jaga Pola Makan

Cara menghilangkan jerawat pustula secara alami berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral. Sebaliknya, Anda harus menghindari makanan yang dapat memicu jerawat seperti makanan tinggi gula, lemak jenuh, dan produk olahan susu lainnya.

BACA JUGA: PENUAAN DINI : MENGGALI PENYEBAB DAN UPAYA PENCEGAHAN

8. Wajib Hindari Stress

Stres dapat mempengaruhi keseimbangan hormon yang dapat memicu jerawat. Lakukan aktivitas relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan untuk mengurangi stres. Menjaga rutinitas tidur yang baik juga penting untuk kesehatan kulit dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Jika jerawat tidak kunjung membaik atau semakin parah, maka cara menghilangkan jerawat pustula secara alami tidak akan bekerja untuk atasi masalah kulit Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sesegera mungkin. 

Dokter dapat meresepkan obat-obatan yang lebih kuat seperti antibiotik atau terapi tertentu. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau kondisi kulit yang memburuk, jangan ragu untuk berkonsultasi secara online dengan dokter kulit Eterniskin.Segera terhubung dengan layanan terpadu kami!

 

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/5-cara-mengatasi-jerawat-pustula-yang-perlu-diketahui

https://www.alodokter.com/jerawat-pustula-penyebab-dan-cara-mengatasinya

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/jenis-jenis-jerawat#:~:text=Pustula%20adalah%20salah%20satu%20jenis,karena%20disertai%20nanah%20(pus).

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/penyebab-jerawat-pustula

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait