4 Tanda Penuaan Kulit dan Cara Mengatasinya

tanda-penuaan-kulit-eterniskin

Tahukah Anda kalau tanda penuaan kulit sudah mulai muncul di usia 30-an? Apalagi bagi yang tidak rajin melakukan perawatan, bisa mulai mengalaminya sejak usia 25 tahun ke atas. 

Apa saja penyebab penuaan pada kulit? Penuaan pada kulit bisa disebabkan oleh pola makan tidak sehat, keturunan, hingga gaya hidup yang berimbas pada kondisi kulit yang tidak ternutrisi dengan baik. Mau tahu apa saja tanda penuaan tersebut?

Tanda Penuaan Kulit

Beberapa tanda penuaan kulit memang terkadang kurang terdeteksi sejak dini, alhasil ketika sudah muncul dan berkembang menjadi lebih parah barulah orang berupaya mengatasinya. Empat tanda yang bisa mulai Anda cek pada area kulit adalah:

1. Kulit Tipis, Kering, dan Kasar

Kondisi kulit normal cenderung tebal dan bisa dipegang masih terasa halus dan licin, sedangkan ketika penuaan sudah terjadi, kulit menjadi lebih tipis dan mudah kering. Permukaannya juga lebih kasar dan terlihat bersisik.

Kondisi ini disebabkan karena produksi dari minyak pada kulit yang biasa disebut sebum sudah mulai berkurang sehingga kelenturan dan tekstur tubuh termasuk volume kulit menjadi terdampak

2. Kerutan di Area Wajah

Munculnya kerutan juga menjadi pertanda awal penuaan kulit, ada yang muncul di daerah pipi dan dahi karena kelenturan kulit yang semakin berkurang. Hal ini memang di awal penuaan sering diabaikan, baru akan ketahuan setelah kerutan tersebut bertambah banyak dan mengganggu penampilan.

3. Kulit Rapuh

Kulit yang rapuh juga menjadi pertanda masalah penuaan yang muncul. Ketika kulit menjadi rapuh maka dia akan mudah iritasi dan bermasalah, akibat kekuatannya hingga kelembapannya yang berkurang dari kondisi normal.

4. Warna Kulit Berubah

Pigmen kulit yang secara terus menerus diproduksi dan menumpuk di bawah kulit, bisa menyebabkan warna kulit berubah menjadi lebih gelap atau malah pucat dari kondisi normalnya. Ini juga merupakan tanda penuaan yang perlu Anda perhatikan.

Ciri-Ciri Penuaan Kulit

Tanda-tanda penuaan pada kulit, biasanya diikuti dengan munculnya sejumlah ciri-ciri lainnya yang semakin mempertegas bahwa kondisi kulit sudah mengalami penuaan. Jika tidak ditindaklanjuti dengan tepat, kondisi penuaan akan semakin jelas seiring bertambahnya usia Anda.

1. Flek Hitam Mulai Muncul

Kenapa bintik hitam mulai muncul? Salah satu penyebabnya adalah meningkatnya visibilitas dari pembuluh darah. Biasanya berwarna coklat, kehitaman, atau kemerahan yang semakin lama menyebar bertambah banyak.

Sinar UV yang diterima oleh permukaan kulit juga akan mempertegas flek dan bintik-bintik tersebut, sehingga tampilan kulit terutama di area wajah menjadi tidak merata lagi warnanya. Ada sekumpulan flek hitam, namun ada juga bintik kecoklatan yang menyebar.

2. Pori-pori menjadi Lebih Besar

Pori-pori yang membesar disebabkan karena elastisitas dari kulit yang berkurang. Ditambah pula daya tarik kulit ke bagian bawah wajah dan sekitarnya membuat peregangan di area pori-pori. Hal ini membuatnya lebih besar dari biasa, tidak bisa mengecil sendiri seperti pada kulit normal.

3. Garis Halus pada Area Mata

Ciri-ciri yang juga mulai muncul adalah garis halus di sekitar mata, baik pada kelopaknya atau di bagian bawah mata dan sampingnya. Ini merupakan ciri yang paling sering muncul lebih dahulu dibandingkan ciri lainnya.

Semakin bertambah usia, garis tersebut akan semakin banyak muncul seiring berkurangnya kekencangan kulit.

4. Kulit Menjadi Kendur

Ciri ini juga muncul terutama di area pipi, leher, dan lainnya. Jika biasanya kulit terlihat kencang, kini akan terlihat tertarik ke bagian bawah dan membuat area kulit tersebut mengendur.

Manfaat Botox untuk Mencegah Penuaan Kulit

Memang banyak cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir tanda penuaan kulit. Salah satu yang dapat dipilih adalah Botox, yang merupakan suntikan dengan kandungan botulinum toxin. Sejumlah manfaat juga bisa dirasakan bagi pengguna metode ini, terutama jika ingin terlihat lebih muda.

1. Kerutan dan Garis Halus Berkurang

Dengan prosedur kerja menyuntikkan cairan di bawah kulit yang bermasalah, kandungan Botox akan melumpuhkan sel saraf di area wajah. Kemudian otot kulit akan kembali bisa bekerja maksimal seperti saat masih muda termasuk menghilangkan garis halus dan kerutan.

2. Otot Wajah Bekerja Lebih Lama

Pasien Botox ada yang menyebutkan otot wajahnya menjadi lebih kencang, sehingga kondisi wajah terlihat muda tanpa kerutan. Tekstur kulit juga menjadi elastis, pori-pori menjadi lebih kecil dan tentunya bebas masalah kulit yang biasa terjadi pada usia dewasa dan tua.

3. Wajah Awet Muda

Kandungan dari Botox juga akan membantu membuat wajah lebih awet muda. Kinerja otot wajah yang lebih baik membuat semua bagian wajah bisa berada pada kondisi terbaiknya untuk jangka panjang.

4. Percaya Diri

Orang yang menjalani perawatan dengan metode Botox akan memiliki rasa percaya diri pada penampilan kulitnya. Tidak akan jauh berbeda dengan anak muda, apalagi jika memilih treatment bersama klinik terpercaya yang menyediakan perawatan Botox terkini.

Ketahui informasi seputar tips menarik dan perawatan kecantikan dari Eterniskin, serta konsultasikan kebutuhanmu ke Tim Eterniskin atau Whatsapp kami.

Mau Dapatkan Solusi
Untuk Masalah Kulitmu?

Segera konsultasikan masalah kulitmu dengan dokter Eterniskin dan dapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait